Pimpinan KPK Pertimbangkan Setop Lagi Kasus dalam Tahap Penyelidikan

Pimpinan KPK Pertimbangkan Setop Lagi Kasus dalam Tahap Penyelidikan
alexander marwata. ©2019 Merdeka.com/saud rosadi
PERISTIWA | 21 Februari 2020 18:15 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata menyebut pihaknya mempertimbangkan menghentikan ratusan kasus yang dalam tahap penyelidikan. Menurutnya, langkah ini diambil berdasarkan pertimbangan penyelidik, deputi terkait dan pimpinan KPK.

"Kita akan minta terus penyelidik melakukan evaluasi karena ada 366 penyelidikan yang masih ada dari tahun 2008 ada, kita minta agar dilakukan evaluasi terhadap proses penyelidikan yang masih terbuka. Tidak menutup kemungkinan nanti masih ada proses penyelidikan yang kita hentikan," kata Alex saat jumpa pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (21/2).

Rencana ini diambil lembaga antirasuah bukan tanpa sebab. Alex menjelaskan keputusan untuk menghentikan penyelidikan kasus oleh KPK agar memiliki kepastian hukum yang lebih kuat dan meringankan beban penyidik.

"Jadi terutama untuk kasus yang sudah lima tahun ke atas kasusnya. Tapi ini tidak semata dihentikan, tapi ada pertimbangannya," jelas Alex.

Meski demikian, Alex tidak menyebut potensi kasus lama apa yang tengah dievaluasi untuk dihentikan. Dia beralasan hal tersebut adalah informasi internal lembaganya.

Baca Selanjutnya: Dia menjelaskan alur dan prosedur...

Halaman

(mdk/ray)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami