Pipa IPAL PDAM Solo Bocor, Saat Hujan Banyak Tinja Berserakan

PERISTIWA | 12 November 2019 12:34 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Pipa Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) milik PDAM Kota Solo, di Gang Bengawan Solo 3, RT 04 RW 07, Kelurahan Mojo, Pasarkliwon bocor. Saat hujan tiba, kondisi tersebut menjadi malapetaka bagi warga sekitar. Tinja yang seharusnya mengalir ke IPAL justru berbalik, karena lokasi pipa lebih rendah.

Akibatnya, tutup pipa tak mampu menahan tekanan air yang berisi limbah kotoran manusia. Bahkan limbah tersebut membeludak hingga ke pekarangan warga. Tak hanya bau menyengat, limbah yang berserakan juga menimbulkan pemandangan tak sedap dan mengganggu kesehatan.

"Ini sudah 7 tahun belum ada perbaikan. Kami sudah lapor ke RW, Pak Lurah, PDAM dan ke Pak Wali Kota saya sudah SMS juga. Tapi belum ada tindakan," ujar Lestari (52) warga setempat.

Harniati (56) warga lainnya mengaku sudah tidak kuat merasakan dampak bocornya pipa PDAM tersebut. Tak hanya bau dan kotoran, air ledeng di rumahnya juga tidak layak konsumsi.

"Airnya berwarna kuning. Ini untuk mandi saja enggak layak, apalagi untuk air minum," terangnya.

"Saya ini kalau turun hujan sampai teriak-teriak. Di depan rumah saya banyak tinja seperti ikan lele. Kepala saya pusing," keluhnya.

S Amin, Ketua RW 07 menambahkan, warga pernah berencana melakukan gotong royong untuk mengatasi gangguan tersebut. Namun karena untuk memperbaiki kebocoran tersebut dibutuhkan biaya mahal, terpaksa dibatalkan.

"Biaya katanya sampai Rp20 juta. Uang dari mana. Kami menunggu keseriusan PDAM dan Pemkot Solo untuk segera mengatasi masalah ini," harapnya.

Wakil Ketua DPRD Kota Solo Taufiqurrahman mengaku prihatin dengan kondisi tersebut. Politisi Partai Golkar itu meminta PDAM serius mencari solusi terkait permasalahan tersebut. Apalagi saat ini akan memasuki musim penghujan.

"Kalau dibiarkan ini kasihan masyarakat, karena sudah sekian tahun," ucapnya.

Selain di lokasi tersebut, Taufiq menambahkan, ada sejumlah titik di Kelurahan Semanggi dan Mojo yang juga mengalami kebocoran. Hal tersebut, harus menjadi perhatian serius PDAM, meskipun dampaknya tak seperti di Jalan Bengawan Solo 3 tersebut.

Baca juga:
Rapat Usulan Anggaran, PAM Jaya Minta Tambahan Modal Rp1,77 Triliun untuk 3 Kegiatan
Lindungi Air Tanah, Menteri Jonan Imbau Warga Jakarta Pakai PDAM
Pasokan Air Bersih Menipis, Karyawan PDAM Solo Gelar Salat Minta Hujan
Air Bengawan Solo Kembali Tercemar Ciu, PDAM Hentikan Operasional
Bengawan Solo Tercemar Ciu, PDAM Hentikan Produksi Air Bersih
Intrusi Air Laut bikin Kadar Garam Sungai Mahakam Naik, PDAM Samarinda Setop Produksi

(mdk/cob)

TOPIK TERKAIT