PKS Desak Pemerintah Jamin Pembiayaan Bagi Pasien Long Covid-19

PKS Desak Pemerintah Jamin Pembiayaan Bagi Pasien Long Covid-19
Netty Prasetiyani. ©DPR.GO.ID
NEWS | 20 Oktober 2021 10:43 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher meminta pemerintah agar memberikan perhatian khusus pada penyintas Covid-19 yang mengalami gejala long Covid-19. Pasalnya menurut dia hal itu tak bisa diremehkan.

"Kondisi long Covid-19 ini harus ada perhatian khusus, tidak boleh dianggap sepele. Apalagi ada penelitian di Amerika yang menunjukkan bahwa setengah dari jumlah pasien yang sembuh mengalami long Covid-19," kata Netty dalam keterangan medianya, Rabu (20/10).

Berdasarkan data per Senin (18/10/2021), kasus sembuh Covid-19 Indonesia sudah mencapai 4.075.011 kasus. "Jika kita memakai ukuran penelitian tersebut, maka akan ada sekitar dua juta orang yang mengalami long Covid-19 di Indonesia. Hal ini membutuhkan penanganan lanjutan," kata Netty.

Menurut Netty, gejala long Covid-19 yang dijelaskan WHO antara lain, kelelahan, sesak napas, nyeri perut, penglihatan kabur, nyeri dada, batuk dan lain-lain.

"Pemerintah harus memasukkan pasien dengan gejala long Covid-19 sebagai pasien dengan tindakan khusus yang mendapat jaminan pembiayaan. Pemerintah tidak boleh lepas tangan begitu saja. Perawatan pasien Covid-19 dan long Covid-19 harus jadi satu paket yang pengobatannya ditanggung oleh negara," ungkapnya.

"Perlu disiapkan unit khusus perawatan pasien long Covid-19 di seluruh faskes yang menangani Covid-19. Dengan demikian, para penyintas tidak perlu bingung harus berobat kemana jika mengalami gejala lanjutan pasca dinyatakan sembuh," tambahnya.

Untuk tahap awal, kata Netty, pemerintah dapat menyiapkan pilot project-nya di beberapa titik untuk kemudian diduplikasi di tempat lain.

Reporter: Yopi M

Sumber: Liputan6.com (mdk/eko)

Baca juga:
Pemerintah Susun Strategi Cegah Lonjakan Kasus Saat Libur Akhir Tahun
Aplikasi PeduliLindungi Bagian Penting Mitigasi Risiko Kegiatan Besar
Pemerintah Ingatkan Masyarakat Patuhi Prokes saat Peringati Maulid Nabi
Satu Orang Terpapar, 92 Siswa dan Guru SMPN 10 Depok Dites Swab Satgas
INFOGRAFIS: Strategi Pemerintah RI Cegah Gelombang Ketiga Covid-19
INFOGRAFIS: Langkah Pemerintah Antisipasi Lonjakan Covid-19 Saat Libur Akhir Tahun

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami