PKS: Hakim Agung harus jadi garda terakhir penegak keadilan

PKS: Hakim Agung harus jadi garda terakhir penegak keadilan
Gedung Mahkamah Agung. Merdeka.com/Arie Basuki
NEWS | 10 Januari 2013 11:23 Reporter : Ya'cob Billiocta

Merdeka.com - Komisi III DPR sedang bersiap melakukan pergantian posisi hakim agung. Hari ini, dijadwalkan komisi yang membidangi hukum itu, akan mulai memproses uji kelayakan dan kepatuhan untuk para calon hakim agung yang sudah didaftar.

Diharapkan, hakim agung yang terpilih, memiliki integritas dan moralitas yang tinggi.

"Dengan keseriusan Komisi III melakukan fit and proper test, semoga nantinya terpilih hakim agung yang benar-benar agung, yang merupakan garda terakhir penegak atau pemutus keadilan," kata anggota Komisi III dari fraksi PKS Indra, Kamis (10/1).

Dia menuturkan, sebelumnya Komisi III DPR sudah menerima dua berkas pengajuan nama-nama calon hakim agung yang dikirim Komisi Yudisial. Masing-masing berkas memuat 12 nama calon hakim agung. Sehingga total nama yang disodorkan ke DPR berjumlah 24 nama.

"Atau total 24 calon hakim agung untuk mengisi delapan kursi hakim agung yang telah pensiun," lanjut Indra.

Mekanisme uji kelayakan dan kepatuhan, untuk berkas pertama pengajuan calon hakim agung, Komisi III DPR akan memprosesnya hari ini.

"Proses seleksi diawali dengan pembuatan makalah dari para calon hakim agung. Tanggal 14 sampai 16 Januari 2013 dijadwalkan fit and proper test calon hakim agung," tuturnya.

Dari hasil uji kelayakan dan kepatuhan, DPR bakal segera menetapkan calon hakim agung pada waktu itu juga. "Setelah tanggal 16, akan dilanjutkan dengan proses seleksi dan pemilihan untuk berkas kedua pengajuan calon hakim agung," kata Indra.

(mdk/did)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami