PKS Minta Jokowi Lebih Ketat Awasi Menteri Terkait Penyerapan Anggaran

PKS Minta Jokowi Lebih Ketat Awasi Menteri Terkait Penyerapan Anggaran
PERISTIWA | 5 Agustus 2020 20:51 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah

Merdeka.com - Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini mendorong Presiden Jokowi lebih ketat mengawasi menteri-menterinya terkait penyerapan anggaran stimulus Covid-19. Hal ini menyikapi kritik Jokowi atas kinerja menteri-menterinya yang masih lambat dalam penyerapan anggaran penanganan dampak Covid-19.

"Penyerapan anggaran K/L yang rendah ini kontras dengan kebutuhan masyarakat dalam mengatasi dampak covid-19. Ibarat rakyat sudah terkapar, pemerintah baru sadar," kata Jazuli dalam keterangannya, Rabu (5/8).

Anggota Komisi I DPR ini menegaskan, kontrol perlu dilakukan terhadap anggaran-anggaran yang bersinggungan langsung dengan masyarakat seperti bantuan sosial atau stimulus ekonomi.

"Terutama anggaran yang langsung dirasakan dampaknya oleh masyarakat baik sifatnya bantuan langsung maupun stimulus. Tentu harus tetap akuntabel," tegas Jazuli.

Selain itu, Jazuli juga mengingatkan Jokowi tidak sering mengumbar kritik keras kepada menteri-menterinya ke publik. Menurutnya, yang ingin dilihat oleh masyarakat adalah aksi nyata.

"Kalau ada menteri yang dirasa tidak bisa membantu dan lambat kinerjanya ya di-reshuffle saja," cetus Jazuli.

Jazuli mengaku setuju kritik Presiden Jokowi kepada para menterinya. Namun, dia menyarankan Presiden Jokowi memegang kendali atas perbaikan kinerja menteri.

"Substansi kritiknya, kita semua pasti setuju, bahwa pemerintah lambat. PKS sudah lama mengkritik cara mengatasi atau menjawab kritik sepenuhnya tanggung jawab Presiden untuk mempercepat. Masyarakat luas cukup tau hasilnya, merasakan dampaknya, sementara prosesnya ada pada kendali pemerintah dan diawasi DPR," tandas Jazuli.

Baca Selanjutnya: Sebelumnya Presiden Jokowi masih melihat...

Halaman

(mdk/ray)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami