PKS: Terobosan Jokowi Mendamaikan Rusia-Ukraina Harus Diikuti Negara Lain

PKS: Terobosan Jokowi Mendamaikan Rusia-Ukraina Harus Diikuti Negara Lain
Presiden Jokowi Bertemu Putin di Kremlin. ©2022 Merdeka.com/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden
NEWS | 2 Juli 2022 15:41 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Wakil Ketua Majelis Syura PKS Hidayat Nur Wahid mengapresiasi lawatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Ukraina dan Rusia membawa misi perdamaian. Terobosan Jokowi itu juga untuk mencari solusi ekonomi global yang terganggu dari dampak perang dua negara itu.

"Tentu secara prinsip kita apresiasi ya, adanya terobosan dari Pak Jokowi untuk menghadirkan usaha mendamaikan atau menghadirkan perdamaian di kawasan tersebut dan kemudian untuk mencari solusi dari dampak perang tersebut, itu baik dari segi ekonomi dan sebagainya," kata Hidayat Nur Wahid di DPP PKS, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu (2/6).

Hidayat menyebut, upaya untuk mendamaikan Rusia dan Ukraina perlu diterus dilakukan. Negara-negara lain harus mengikuti tindakan serupa yang dilakukan Presiden Jokowi.

"Bahwa kemudian masih terus berlanjutnya perang ini menandakan usaha ini tidak boleh berhenti, harus terus dilanjutkan dan mudah-mudahan bukan hanya Indonesia saja tapi juga negara-negara lain menghadirkan usaha yang serupa," kata Hidayat.

Lebih lanjut, Hidayat menyayangkan setelah Presiden Jokowi balik dari Rusia malah terjadi serangan intensif dari Rusia ke Ukraina. Bahkan menghadirkan korban yang terus berjatuhan.

"Tapi apapun usaha ini harus dilakukan apapun hasilnya karena itu menegaskan posisi Indonesia yang tidak suka dengan perang, yang ingin menghadirkan kedamaian, peran itu saya kira yang harus tetap dilakukan," pungkasnya.

2 dari 2 halaman

Diketahui, Presiden RI Joko Widodo menemui Presiden Putin di Moskow, untuk mendorong perdamaian antara Rusia dengan Ukraina yang kini tengah berperang.

Pertemuan dengan Putin dilakukan setelah sebelumnya Jokowi menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Kyiv, Ukraina.

Presiden Jokowi menyampaikan meskipun situasi saat ini masih sangat sulit, namun penyelesaian damai penting untuk dikedepankan dengan membuka ruang-ruang dialog.

Jokowi juga mengaku telah menyampaikan pesan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy kepada Presiden Putin dan menyatakan siap membantu menjembatani komunikasi kedua pemimpin untuk upaya perdamaian kedua negara. (mdk/ray)

Baca juga:
Oleh-Oleh Jokowi dari Rusia, Kereta untuk Ibu Kota Baru Hingga Industri Nuklir
Tiba di Tanah Air, Presiden Jokowi Langsung Takziah ke Rumah Duka Tjahjo Kumolo
Misi Perdamaian dan Ekonomi Selesai, Presiden Jokowi Tiba di Tanah Air
Ini Fakta Pertemuan Presiden Jokowi dengan Zelenskyy & Putin, Upayakan Perdamaian

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini