PLN Wilayah Riau-Kepri Gandeng Polisi untuk Amankan Aset

PERISTIWA | 10 Desember 2019 15:06 Reporter : Abdullah Sani

Merdeka.com - PT PLN (Persero) bekerja sama dengan Polda Riau untuk kegiatan pengamanan instalasi dan aset. General Manager (GM) PT PLN Unit Induk Wilayah Riau-Kepri (UIWRKR), Daru Tri Tjahjono menuturkan, besarnya instalasi dan aset tenaga listrik membutuhkan penjagaan. Polisi diharapkan bisa melakukan penanganan permasalahan keamanan yang dialami PLN.

"Perjanjian kerja sama ini dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti nota kesepahaman antara PT PLN (Persero) dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia, tentang penyelenggaraan pengamanan instalasi dan aset serta penegakan hukum di lingkungan kerja PT PLN (Persero)," terang Daru di sela penandatanganan kerja sama dengan Polda Riau di Kantor PT PLN Unit Induk Wilayah Riau dan Kepri, Pekanbaru, Selasa (10/12).

Daru menuturkan, perjanjian kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan koordinasi, pengawasan dan sinergitas antara pihaknya dengan Polda Riau.

"Perjanjian kerja sama ini dilaksanakan meliputi kegiatan pengamanan instalasi atau aset ketenagalistrikan seperti pembangkit (PLTU, PLTG, PLTMG, PLTD), gardu induk dan transmisi, jaringan distribusi maupun pengamanan pekerjaan konstruksi yang dilaksanakan teman-teman Unit Induk Pembangunan (UIP)," terangnya.

Selain itu juga terkait pengamanan pelaksanaan penagihan tunggakan, P2TL dan migrasi listrik pascabayar yang aktivitas tersebut berlangsung di unit-unit pelaksana yang tersebar di wilayah Provinsi Riau.

Sementara itu Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi berharap, kerja sama tersebut juga menjadi upaya untuk menegakkan hukum.

"Kami selaku Kepolisian Daerah Provinsi Riau telah menyepakati perjanjian kerja sama, dan ini menjadi komitmen kami untuk memberikan pelayanan kepada PLN dalam pengamanan instalasi dan aset serta penegakan hukum," pungkas Agung.

PLN Regional Riau membawahi PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Riau dan Kepri Kepulauan Riau yang bergerak di bidang distribusi tenaga listrik, PT PLN (Persero) UIP Sumatera Bagian Tengah yang fokus pada pembangunan konstruksi infrastruktur kelistrikan, dan PT PLN (Persero) UIP3B Sumatera membawahi jaringan transmisi di Pulau Sumatera.

Untuk pembangkitan tenaga listrik dikelola oleh PLN Unit Induk Pembangkitan Sumatera Bagian Utara yang kantor induknya berada di Medan, dan untuk Kota Pekanbaru pembangkitnya dikelola oleh UPDK Pekanbaru yang salah satunya mengelola PLTA Koto Panjang. (mdk/cob)

Baca juga:
BUMN: Dirut Baru Garuda Indonesia Disahkan Januari 2020
Menko Luhut: PLN Beruntung Dapat Rudiantara
Menko Luhut Beri Sinyal Darmono Akan Jadi Wakil Direktur Utama PLN
Direksi PLN Dirombak, Ada Jabatan Wakil Direktur Utama
Rudiantara Kandidat Kuat Jadi Dirut PLN
Tarif Listrik Bukan Prioritas Rudiantara Saat Jadi Dirut PLN

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.