Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution Terkonfirmasi Positif Covid-19

Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution Terkonfirmasi Positif Covid-19
PERISTIWA | 5 Agustus 2020 12:50 Reporter : Yan Muhardiansyah

Merdeka.com - Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, terkonfirmasi positif Covid-19. Dia kini menjalani isolasi di rumah sakit.

"Bapak Plt Wali Kota (Akhyar Nasution) saat ini memang dalam perawatan di rumah sakit dengan keluhan awal pada hari Senin (3/8) sore ada merasa keluhan agak demam. Jadi kita sarankan supaya Bapak Wali memeriksakan ke rumah sakit, supaya kita mengetahui semua yang diperlukan khusus untuk kesehatan Pak Wali. Senin sore dilakukan swab dan hari selasa pagi itu hasilnya positif," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, Edwin Effendi dalam temu pers di posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Medan, Rabu (5/8).

Saat ini Akhyar dalam pengawasan intensif dari tim dokter, termasuk dokter spesialis paru-paru dan spesialis penyakit dalam. Kondisinya disebutkan stabil. “Mudah-mudahan sekarang keadaan umum baik, stabil, dan terkendali. Keadaan umum itu temperatur, tekanan darah, pernapasan, keadaan umum vital sign medisnya itu bagus dalam batas-batas normal kemudian stabil dan terkendali,” tegas Edwin.

Edwin berharap Akhyar segera pulih. "Sehingga dapat berkegiatan seperti yang kita harapkan," harapnya.

Belum bisa dipastikan dari mana Akhyar tertular Covid-19. Namun dia diperkirakan terpapar saat berkegiatan sebagai Plt Wali Kota Medan.

"Sehingga ini banyak kemungkinan ya. Itulah risiko, dengan situasi sekarang dan ini supaya menjadi perhatian juga bagi kita sekarang. Beginilah tingkat risiko penularan dengan tingkat peningkatan dan perluasan kasus saat ini. Artinya sudah sangat berisiko di setiap kesempatan sama, seperti kita ini. Mohon maaf supaya tidak berlama-lama,” sebutnya.

Tracing terhadap kontak erat Akhyar sudah dilakukan. Istri dan anak-anaknya sudah diambil sampel swabnya. “Ibu dan anak-anak hasilnya negatif,” sebut Edwin.

Selain itu, kontak erat lainnya juga tengah ditelusuri. Mereka akan diambil swabnya mulai hari ini.

Informasi yang beredar, saat ini Akhyar dirawat di RSU Royal Prima. Namun, Edwin menolak merinci soal lokasi perawatan ini. “Dirawat di rumah sakit,” ucapnya.

Kabar mengenai Akhyar terkonfirmasi positif Covid-19 sudah beredar sejak kemarin. Namun, baik Humas Pemkot maupun GTPP Covid-19 Medan membantahnya.

Bahkan kabar itu dijawab dengan dokumen hasil pemeriksaan swab atas nama Akhyar Nasution di RSU Murni Teguh. Dalam dokumen itu tertulis, pemeriksaan dilakukan pada 30 Juli 2020 dan hasilnya keluar pada 31 Juli 2020. Hasilnya pemeriksaan menunjukkan negatif SARS-CoV-2.

Sementara Kadis Kesehatan Sumut, Alwi Mujahit, membenarkan Akhyar sudah menjalani perawatan di rumah sakit sejak beberapa hari lalu. Dia dirawat karena merasa kurang fit. "Karena beliau nggak enak badan makanya dirawat," ujar Alwi, Selasa (4/8) malam.

Dia menyatakan Akhyar memeriksakan diri ke rumah sakit seusai pulang dari Jakarta beberapa waktu lalu. Tidak ingin mengambil risiko, dia memilih dirawat.

Alwi sendiri mengaku tidak mengetahui apakah Akhyar terkonfirmasi positif atau tidak. Namun dia sudah menjalani tes swab.

Akhyar sendiri sejak lama tidak tampak di publik. Tidak seperti biasanya, belakangan ini dia tidak aktif lagi di Facebook. Postingan terakhirnya dibuat pada 24 Juli 2020. (mdk/ded)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami