Polda Jabar Sekat Arus Lalin, Halau Pemudik Balik ke Jakarta

Polda Jabar Sekat Arus Lalin, Halau Pemudik Balik ke Jakarta
PERISTIWA | 25 Mei 2020 17:44 Reporter : Henny Rachma Sari

Merdeka.com - Personel Polda Jawa Barat (Jabar) melakukan penyekatan guna menghalau pemudik kembali ke Jakarta usai merayakan Idul Fitri 1441 H.

Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Saptono Erlangga mengatakan teknis penyekatan masih tetap sama seperti sebelum Lebaran saat menghalau arus mudik. Namun kini pemeriksaan dikonsentrasikan terhadap kendaraan yang mengarah ke barat atau Jakarta.

"Terdapat enam polres dengan delapan pos penyekatan dan pemeriksaan yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah, DKI Jakarta dan Banten," kata Erlangga di Bandung, Senin (25/5).

Selain itu, kata dia, pemeriksaan juga bakal dilakukan oleh sebanyak 212 pos pemeriksaan di setiap kota untuk meminimalisir arus balik mudik, baik yang mengarah ke Jawa Barat, DKI Jakarta, maupun Banten.

Nantinya, kata dia, para petugas di pos pemeriksaan akan memeriksa kelengkapan dan persyaratan pengendara yang harus sesuai dengan aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), termasuk apabila ada Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) yang dikeluarkan dari Provinsi DKI Jakarta.

"Kalau nanti tidak memiliki akan kita putar balikkan kembali menuju tempat asalnya," katanya.

Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarakat yang akan menempuh arus balik mudik agar memiliki persyaratan tertentu sesuai kebijakan pemerintah, salah satunya seperti persyaratan SIKM.

"Untuk itu diimbau agar masyarakat yang akan kembali ke Jakarta mengurus SIKM nya terlebih dahulu agar perjalanannya lancar dan nyaman," katanya. Seperti diberitakan Antara. (mdk/rhm)

Baca juga:
Lebaran Hari Kedua, 37 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta
Tumpangi bus AKAP, 608 Warga ke Luar Jakarta lewat Terminal Pulogebang
2.000 SIKM Ditolak Pemprov DKI, Ada yang Izin Halal Bihalal hingga Reunian
Hingga Hari Pertama Lebaran, 310.000 Kendaraan Melintas di Tol Sumatera
Arus Balik, Pemudik Tak Punya SIKM akan Dilarang Polisi Masuk Jakarta
Hingga 24 Mei, Pemprov DKI Terbitkan 820 Surat Izin Keluar-Masuk Jakarta

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Curhat Siswa Lulusan Tanpa Ujian Nasional

5