Polda Metro Selidiki Kasus Penipuan yang Diduga Dilakukan Eks Dirut Transjakarta

PERISTIWA | 27 Januari 2020 22:36 Reporter : Ronald

Merdeka.com - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus membenarkan akan adanya laporan terhadap mantan Direktur Utama (Dirut) PT TransJakarta Donny Saragih, atas dugaan penggelapan dan penipuan. Selain Donny, ada beberapa orang lagi yang dipolisikan.

"Laporan tersebut itu dibuat oleh Artanta Barus pada 18 September 2018 lalu," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus saat dikonfirmasi, Senin (27/1) malam.

"Jadi ini ada tiga orang terlapor ya, ada mantan staf keuangan juga," sambung Yusri

Yusri menyebutkan, kasus ini masih dalam tahap penyelidikan, dan penyidik masih memanggil saksi-saksi untuk diklarifikasi atas laporan tersebut.

"Jadi kasusnya masih dalam proses penyelidikan. Ada beberapa sudah dipanggil sebagai saksi untuk di klarifikasi yang pertama itu sekretarisnya, operasionalnya dari TJ sudah di klarifikasi, stafnya ya," kata Yusri.

Lebih lanjut Yusri mengatakan, kalau penyidik telah memanggil Donny. Namun, yang bersangkutan berhalangan hadir.

"(Pemeriksaan Donny) Belum, belum hadir," pungkasnya.

Berdasarkan lembaran yang diterima, laporan 5008/IX/2018/PMJ/Ditreskrimum pelapor melaporkan kasus penggelapan dan penipuan dengan Pasal 372 KUHP dan Pasal 378 KUHP. Di mana ada tiga orang terlapor yakni Donny Saragih, Agus Basuki dan Sunani.

Donny merupakan terpidana kasus penipuan yang dilaporkan oleh Dirut Ekasari Lorena Gusti Terkelin Soerbakti, pada November 2017 lalu, di Polres Jakarta Pusat. Ada 2 orang yang dilaporkan, Donny dan Porman Tambunan alias Andi Tambunan alias Andi.

Donny dilaporkan atas pemerasan dan pengancaman, namun yang terbukti adalah penipuan. Donny sendiri saat ini sudah berstatus sebagai terdakwa. (mdk/bal)

Baca juga:
Terjerat Kasus, Donny Saragih Merasa Tak Langgar Syarat Jadi Dirut Transjakarta
Donny Saragih Klaim Sudah Mundur Sebelum Dibatalkan Jadi Dirut TransJakarta
Wanita Lukai Penumpang Transjakarta dengan Silet Ditangkap
Ombudsman Bakal Periksa BP BUMD Soal Pengangkatan Donny Jadi Dirut Transjakarta
DPRD DKI Soal Polemik Dirut Transjakarta: Kami ingin BUMD Dipegang Orang Baik

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.