Polda Riau Tetapkan PT Tesso Indah Estate Tersangka Karhutla

PERISTIWA | 14 November 2019 16:46 Reporter : Abdullah Sani

Merdeka.com - Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Riau menetapkan PT Tesso Indah Estate jadi tersangka korporasi pembakar hutan dan lahan di Indragiri Hulu. Asisten kebun perusahaan inisial S, sudah ditahan polisi.

"Iya kita tetapkan PT TI sebagai tersangka korporasi atas kasus kebakaran lahan. Asistennya inisial S kita tahan sejak kemarin," kata Wadir Reskrimsus Polda Riau AKBP Fibri Karpiananto kepada merdeka.com, Kamis (14/11).

Fibri menyebutkan, pihaknya melakukan gelar perkara pada Senin 11 November dan Rabu 13 November 2019. Dari gelar perkara itu kemudian menetapkan korporasi sebagai tersangka.

"Ada dua tersangka yang pertama PT TI sebagai korporasi. Dalam hal ini PT TI menunjuk direktur operasionalnya yang berinisial HK untuk diperiksa mewakili perusahaan. Dan asisten kebun inisial S, karena diduga lalai melakukan tugasnya," ujar Fibri.

"Tersangka S dijerat pasal 98 dan pasal 99 Undang-undang nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, ancaman hukuman 10 tahun penjara," terang Fibri.

Untuk diketahui, lahan PT TI terbakar pada bulan Agustus 2019 lalu, dengan luas lahan yang terbakar mencapai 69,6 hektare. Kemudian dilakukan penyelidikan oleh Ditkrimsus Polda Riau sejak tanggal 25 September 2019.

Setelah melakukan serangkaian penyelidikan, polisi menaikkan status PT TI dari penyelidikan ke penyidikan pada tanggal 15 Oktober 2019. Hingga akhirnya ditetapkan sebagai tersangka pembakar hutan dan lahan.

Sebelumnya Polda Riau juga menetapkan PT Sumber Sawit Sejahtera sebagai tersangka. Saat berkas perkara perusahaan kebun sawit itu telah melimpahkan barang bukti beserta tersangka kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) Pelalawan, memasuki proses tahap dua.

"Untuk berkas perkara PT SSS, kita sudah melaksanakan tahap dua tadi pagi ke Kejari Pelalawan. Jadi penyidik bersama dengan jaksa Kejati Riau sudah melaksanakan pelimpahan barang bukti dan tersangka ke Kejari Pelalawan," jelas Fibri.

Baca juga:
Luas Area Terbakar di Gunung Arjuno Mencapai 3.000 Hektare
Polisi Tangkap Dua Tersangka Pembakar Pegunungan Ijen
Asap Kebakaran Hutan di Australia Sampai ke Selandia Baru
Kebakaran Hutan Bikin Warga Australia Trauma
Status Tanggap Darurat Karhutla di Sumsel Diperpanjang Hingga Akhir Bulan
Seorang Guru di Rokan Hilir Ditangkap Saat Bakar Lahan

(mdk/cob)

TOPIK TERKAIT