Polda Sumbar Sebar Personel di Medsos Pantau Kampanye Hitam Jelang Pilkada

Polda Sumbar Sebar Personel di Medsos Pantau Kampanye Hitam Jelang Pilkada
PERISTIWA | 1 Oktober 2020 23:02 Reporter : Ikhwan

Merdeka.com - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat mengerahkan tim siber untuk mengantisipasi ujaran kebencian dan black campaign atau kampanye hitam pada Pilkada Serentak 2020. Tim ini akan mengawasi 13 kabupaten/kota termasuk Provinsi Sumatera Barat hingga 9 Desember 2020 mendatang.

"Dalam rangka pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 Polda Sumbar melaksanakan Operasi Mantap Praja. Jumlah personel yang dilibatkan dalam pengamanan pilkada ini berjumlah 6.500 personel," kata Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Satake Bayu, di Padang, Kamis (1/10).

Satake mengatakan, pengerahan tim siber seiring lebih banyaknya aktivitas masyarakat di dunia maya seiring pembatasan aktivitas tatap muka karena pandemi Covid-19.

"Dengan terbatasnya jumlah kegiatan secara tatap muka mau tidak mau mereka akan memanfaatkan media sosial sebagai bentuk kampanye," ujar Satake.

Hal itu, menjadi perhatian Polda Sumber untuk mencegah potensi pelanggaran hukum seperti ujaran kebencian dan kampanye hitam oleh pendukung calon peserta Pilkada 2020.

"Dalam satgas penegakan itu, ada sub satgas tentang operasi siber yang melaksanakan patroli yang berkaitan dengan media sosial, kemudian juga di internet dan yang berkaitan dengan ujaran-ujaran kebencian, black campaign," katanya.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat yang menemukan adanya ujaran kebencian atau narasi berbau kampanye hitam untuk segera melapor ke pihak kepolisian.

"Kalau ada temuan, silakan untul menyampaikan ke Polda Sumbar atau di satgas penegakan hukum, nanti akan kita tindaklanjuti oleh tim siber," katanya. (mdk/lia)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami