Polisi akan Rekayasa Lalu Lintas Antisipasi Kepadatan Arus Mudik di Pelabuhan Merak

PERISTIWA | 15 Mei 2019 13:32 Reporter : Dwi Prasetya

Merdeka.com - Untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan di Pelabuhan Merak saat mudik Lebaran 2019, Polda Banten menyiapkan rekayasa lalu lintas. Akan diberlakukan satu arah (one way) dan contra flow di dalam Tol Tangerang-Merak.

Wakapolda Banten Brigjen Pol Tomex Kurniawan mengatakan, kebijakan satu arah merupakan upaya terakhir setelah dilakukan pengalihan arus dan kontra contra flow tetap tidak bisa mengantisipasi kepadatan di Tol Tangerang-Merak.

"Jalan terakhir nanti itu akan diberlakukan one way. Namun sebelumnya kita akan melihat kapasitas daya tampung di Pelabuhan Merak sendiri," kata Tomex kepada wartawan, Rabu (15/5).

Tahapan pertama, polisi akan melakukan pengalihan kendaraan di KM 94 keluar dari Tol Tangerang-Merak di gerbang Cilegon Barat sampai dengan gerbang Tol Cilegon Timur.

Jika masih terjadi kepadatan, tahan kedua akan diberlakukan contra flow dan kemudian akan diberlakukan satu arah (one way) dari KM 94 atau 83 Tol Tangerang-Merak.

"Arah yang berlawanan kita suruh balik. Dari dermaga menuju Jakarta kita alihkan ke daerah Cikuas arteri kemudian masuk tol di KM 94/83," bebernya.

Untuk mengetahui jumlah yang masuk ke Tol Tangerang-Merak, polisi akan menyiapkan pos pengamanan dan penggunaan CCTV serta remote traffic micro censor (RTMC).

"Kita bisa menghitung bangkitan dan tarikan supaya kendaraan bisa kita jaga tidak terjadi kecelakaan," ujarnya.

Baca juga:
Menengok Sisi Lain dari Mahalnya Harga Tiket Pesawat
Airnav Layani 1.336 Penerbangan Tambahan Dalam Negeri untuk Mudik 2019
Tiket Kereta H-5 Lebaran Habis Terjual
Cek Promo Mudik 2019 Traveloka
Intip Kesiapan Pertamina Layani Kebutuhan BBM di Tol Trans Jawa dan Sumatera

(mdk/cob)