Polisi akan Sekat Sejumlah Lokasi untuk Antisipasi Kemacetan di Pelabuhan Merak

PERISTIWA | 16 Desember 2019 17:14 Reporter : Dwi Prasetya

Merdeka.com - Jelang Natal dan tahun baru, diprediksi akan terjadi kenaikan volume kendaraan yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera melalui pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten. Diperkirakan kenaikan volume kendaraan roda dua maupun roda empat terjadi pada tanggal 20 sampai 22 Desember 2019.

Untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan menuju Pelabuhan Merak, Polres Cilegon akan melakukan penyekatan jalur menuju Pelabuhan Merak.

"Kita sudah siapkan SOP pengamanan jalur, seperti Ops Ketupat kemarin. Kita laksanakan penyekatan-penyekatan di beberapa titik, Disesuaikan situasi lalin di lokasi. Kalau antrean sudah mengular, CB-nya (cara bertindak) kita mainkan," ujar Kasat Lantas Polres Cilegon AKP Ali Rahman Cipta Perwira, Senin (16/12).

Ali mengungkapkan, polisi juga menyiagakan tim urai kemacetan yang akan disiagakan di sekitar Pelabuhan Merak, bila terjadi kemacetan tim tersebut dengan menggunakan sepeda motor akan bergerak untuk mengurai.

"Tim urai macet disiagakan di sekitaran Merak, begitu juga akan disiagakan sejumlah anggota di sejumlah titik rawan kemacetan dan kecelakaan," ujarnya.

ASDP memprediksi jumlah penumpang yang akan menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni Lampung akan mencapai 525.903 orang, atau naik 5 persen dibandingkan dengan realisasi tahun 2018 sebesar 500.860 orang.

Untuk kendaraan roda 4 dan roda 2, diprediksi masing-masing akan naik 5 persen dari realisasi tahun lalu sebanyak 82.714 unit kendaraan roda 4 menjadi 86.850 unit, dan 21.278 unit kendaraan roda 2 menjadi 22.341 unit. (mdk/cob)

Baca juga:
Menko Mahfud Usul Ada Fasilitas BBM Keliling Bantu Pemudik Natal dan Tahun Baru
VIDEO: Jokowi Resmikan Tol Layang Jakarta-Cikampek, Jamin Bisa Mengurai Kemacetan
BPTJ Siapkan Skema Lalu Lintas Antisipasi Kemacetan di Puncak Saat Tahun Baru
Presiden Jokowi Sebut Tol Layang Jakarta-Cikampek Tekan Kemacetan 30 Persen
Resmikan Tol Layang Jakarta-Cikampek, Jokowi Ingin Keluhan Macet Hilang
Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, Kemenhub Petakan Titik Krusial Kemacetan

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.