Polisi Amankan Sindikat Sabu Diduga Dikendalikan Napi di LP Cipinang

Polisi Amankan Sindikat Sabu Diduga Dikendalikan Napi di LP Cipinang
PERISTIWA | 5 Agustus 2020 06:31 Reporter : Fikri Faqih

Merdeka.com - Kepolisian Resor Kota Pekanbaru dan Aviation Security Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru membongkar sindikat penyelundupan narkoba. Sindikat ini diduga kuat dikendalikan dari Lapas Cipinang, Jakarta.

Kepala Satresnarkoba Polresta Pekanbaru, AKP Juper Lumban Toruan mengatakan, ada tiga tersangka yang dibekuk dari pengungkapan itu. Tiga orang kurir narkoba asal Sukabumi, Jawa Barat itu masing-masing berinisial GR (40), YP (27), dan ALF (24).

"Mereka diduga dikendalikan oleh seorang napi yang mendekam di Lapas Cipinang. Kemudian mereka ini bertindak sebagai kurir dan ditangkap di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru. Kedua di kantor JNE Cabang Pekanbaru Jalan Sisingamangaraja," katanya seperti dilansir dari Antara, Selasa (4/8).

Dia mengungkapkan, modus para kurir narkoba ini adalah dengan memasukkan narkotika jenis sabu ke dalam sepatu. Selain itu, mereka juga memanfaatkan jasa ekspedisi untuk mengirim barang haram ke daerah tujuan.

Pengungkapan itu dilakukan secara maraton para Sabtu (25/7) lalu. Ketiga kurir asal Sukabumi ini awalnya mendapat perintah dari seseorang untuk menjemput sabu ke Pekanbaru.

Pada saat mereka sudah menguasai sabu itu, ketiganya bermaksud hendak berangkat ke Jakarta menggunakan pesawat dari SSK II Pekanbaru.

Pada saat pengecekan di gate menuju ruang tunggu, salah satu dari tersangka ini diketahui membawa sabu dengan cara dimasukkan dalam sepatu. Aksi mereka diketahui petugas Aviation Security (Avsec) bandara.

"Modusnya, mereka masuk ruang tunggu tidak sekaligus. Tapi masuk satu per satu. Saling informasi, kalau aman," jelas Juper.

Baca Selanjutnya: Dia memaparkan saat satu tersangka...

Halaman

(mdk/fik)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami