Polisi Amankan Truk Berisi Kayu Hasil Illegal Logging dari Rimba Baling

PERISTIWA | 17 Juli 2019 21:50 Reporter : Abdullah Sani

Merdeka.com - Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Riau mengamankan dua unit truk masing-masing berisi 57 dan 23 tual kayu. Kayu tersebut hasil perambahan hutan lindung Suaka Margasatwa Rimbang Baling, Kabupaten Kampar, Riau. Menurut laporan, di hutan tersebut sering terjadi aksi illegal logging.

"Awalnya petugas mendapat informasi adanya kegiatan pengangkutan kayu hasil hutan di kawasan Kampar Kiri menuju Teratak Buluh. Tim kemudian langsung melaksanakan penyelidikan," ujar Kabid Humas Polda Riau, Kombes Sunarto, Rabu (16/7).

Setelah melakukan penyelidikan, petugas menghentikan dua truk yang tengah mengangkut kayu-kayu tersebut. Ada dua truk yakni coltdiesel berpelat nomor BM 9512 FB dengan mengangkut 57 tual kayu dan satu lagi berpelat nomor BM 8935 TU dengan 23 tual kayu.

"Dua truk tersebut awalnya dicurigai karena membawa kayu tidak dilengkapi dengan Surat Keterangan Sahnya Hasil Hutan (SKSHH)," kata Sunarto.

Polisi juga mengamankan sopir berinisial A, RH serta I yang turut diperiksa sebagai saksi. Dari keterangan mereka, kayu tersebut rencananya akan diolah terlebih dahulu kemudian baru akan dikirim ke Kota Medan.

"Saat ini pelaku dan barang bukti sudah kita amankan untuk diperiksa lebih lanjut," jelasnya.

Namun hingga kini, polisi belum menangkap cukong atau orang yang menyuruh para sopir untuk mengangkut kayu dari hutan lindung tersebut. Pelaku yang menebang pohon dari hutan itu juga belum ditangkap.

"Perkara ini masih kita dalami, pengembangan penyelidikan," tandas dia.

Baca juga:
Sita 2.089 Batang Kayu Ilegal di Nunukan, KLHK Tetapkan 3 Tersangka
Problem Illegal Logging di Lahan Prabowo
TNI di Perbatasan Malaysia Sita 7 Kubik Kayu Bengkirai Hasil Pembalakan Liar
Kementerian LHK Tangkap Truk Bermuatan Kayu Ilegal di Riau
Polisi Amankan 8 Unit Truk Berisi Kayu Ilegal di Barito Utara

(mdk/ray)