Polisi bakar 6 kg sabu asal China yang diselundupkan lewat Parepare

PERISTIWA | 17 Oktober 2018 03:01 Reporter : Salviah Ika Padmasari

Merdeka.com - Sabu seberat 6 kilogram asal China yang masuk ke Sulsel melalui Pelabuhan Nusantara, Kota Parepare dimusnahkan dengan cara dibakar, Selasa (16/10). Kegiatan pemusnahan berlangsung di lapangan belakang Mapolda Sulsel. Keempat tersangka berinisial HF (32), Fs (33), TP (48) dan TH (45) hadir dalam pemusnahan barang bukti narkoba tersebut.

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Polisi Dicky Sondani menjelaskan, keempat tersangka berusaha menyelundupkan sabu melalui KM Thalia yang tiba dari Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, 5 Oktober lalu. Untuk mengelabui petugas, sabu ini dikemas dalam kardus kecap manis namun berhasil terbongkar saat pemeriksaan barang penumpang.

"Empat pelaku ini ada yang ditangkap di wilayah hukum Polres Parepare, dan ada juga yang ditangkap di wilayah hukum Polres Sidrap. Pengungkapan enam kilogram sabu ini artinya menyelamatkan korban penyalahgunaan narkoba kurang ini 60 ribu jiwa," kata Dicky Sondani.

Keempatnya dijerat pasal 114 ayat 2, pasal 112 ayat 2, pasal 132 ayat 1 UU RI No 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman pidana penjara seumur hidup.

Selain pemusnahan 6 kilogram sabu, di kesempatan yang sama juga dimusnahkan obat-obatan daftar G, yakni 500 ribu butir pil PCC dan 70 ribu butir pil somadril. Terkait kasus ini, dihadirkan juga lima tersangka.

"Ribuan pil obat-obatan daftar G ini adalah tangkapan posisi September dan Oktober tahun 2018 di wilayah hukum Polda Sulsel," kata Dicky Sondani.

Baca juga:
2 Bandar jaringan Aceh-Medan simpan kardus isi 10 kg sabu ditutup sandal
Dua penyelundup 100 Kg sabu dari Malaysia ke Medan dijatuhi hukuman mati
Paman dan ponakan di Surabaya edarkan 6,2 kg sabu asal China
50 Kg sabu yang diungkap BNN di Medan mirip tangkapan besar Kepri dan Anyer
Pengiriman 50 Kg sabu digagalkan, BNN tangkap 7 tersangka
Napi Lapas Pekanbaru pesan sabu dengan GO-JEK

(mdk/cob)