Polisi Berlakukan Car Free Night di Puncak Bogor saat Malam Tahun Baru

Polisi Berlakukan Car Free Night di Puncak Bogor saat Malam Tahun Baru
PERISTIWA | 30 Desember 2019 12:41 Reporter : Rasyid Ali

Merdeka.com - Polisi akan memberlakukan malam tanpa kendaraan (car free night) di Jalan Raya Puncak, Kabupaten Bogor saat malam pergantian tahun, Selasa (31/12).

Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Fadli M Amri menjelaskan, car free night dimulai pada 31 Desember 2019 pukul 18.00 WIB hingga 1 Januari 2020 pukul 06.00 WIB.

Car free night berlaku mulai dari Simpang Gadog hingga Puncak Pas sepanjang 22 kilometer dan hanya berlaku bagi kendaraan roda empat atau lebih. Namun, ada pengecualian bagi ambulans dan pemadam kebakaran.

"Kalau emergency tetap bisa. Kita fokus pada kendaraan roda empat. Tapi untuk roda dua, kita akan batasi tergantung pada kondisi di lapangan. Kalau ada kepadatan, kita akan rekayasa untuk mengurangi kepadatan kendaraan bermotor," kata Fadli kepada wartawan, Senin (30/12).

Berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, animo pengendara sepeda motor untuk menghabiskan malam pergantian tahun di Puncak cukup tinggi.

"Jangan sampai dibiarkan ada limpahan kendaraan di atas hingga menyebabkan stagnasi kendaraan. Jadi untuk roda empat kalau mau ke Bandung harus lewat jalan lain seperti Sukabumi atau Jonggol, tapi untuk roda dua tergantung pada situasi dan kondisi," kata Fadli.

1 dari 1 halaman

Langkah ini diapresiasi oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat meninjau Jalan Raya Puncak, Senin (30/12) pagi.

"Pada dasarnya pemerintah ingin lalu lintas dari dan ke Puncak berjalan dengan baik. Kami apresiasi untuk penerapan car free night ini," kata Budi.

Meski begitu, Kepolisian Resor Bogor juga harus, menyediakan jalan-jalan alternatif untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan di bawah.

"Supaya tidak terjadi suatu kemacetan, maka jalan-jalan alternatif ini harus dimaksimalkan, jadi perhatian serius kepolisian juga. Tapi sekarang tidak terlalu banyak kendaraan, karena sudah banyak yang berada di tujuannya saat ini," kata Budi. (mdk/ray)

Baca juga:
Pertamina Siagakan SPBU Mini di 16 Titik Tol Banten, DKI dan Jawa Barat
Sistem Satu Arah Kembali Diterapkan Cegah Macet di Puncak Bogor Saat Tahun Baru
10 Personel Gabungan Polri Hingga TNI Disiagakan Amankan Pergantian Malam Tahun Baru
Satgas Pangan Temukan Daging Sapi Beku Terancam Mengandung Bakteri
Selain Sniper, Polisi Tebar CCTV Mobile Saat Perayaan Malam Tahun Baru di Solo

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami