Polisi Bongkar Prostitusi Libatkan Anak di Nunukan

PERISTIWA | 1 November 2019 21:00 Reporter : Dedi Rahmadi

Merdeka.com - Aparat Kepolisian Resor Nunukan, Kalimantan Utara, mengungkap prostitusi remaja di bawah umur dengan modus pelaku membujuk korbannya dengan sejumlah uang. Pengungkapan prostitusi di bawah umur ini diungkap pada Kamis malam (30/10) sekira pukul 22.00 Wita di hotel 'L' di Kabupaten Nunukan.

Kasat Reskrim Polres Nunukan, AKP Ali Suhadak menjelaskan, pengungkapan kasus perdagangan orang terhadap korban yang baru berusia 16 tahun telah mengamankan muncikarinya. Pelaku yang berjenis kelamin pria ini berusia 26 tahun dan beralamat di Kabupaten Nunukan sama dengan korban berinisial A.

Korban yang masih kelas III pada salah satu SMP di Nunukan ini telah tiga kali 'dijual' oleh muncikari bersangkutan dengan bayaran senilai Rp1,3 juta. Tarif yang dibayarkan 'konsumen' ini, kata Suhadak, Rp1 juta untuk korban dan Rp300.000 untuk jatah pelaku atau muncikarinya.

Sesuai hasil pemeriksaan yang dilakukan Satreskrim Polres Nunukan bahwa telah memintai keterangan kepada saksi-saksi termasuk korban. Dalam keterangan korban, dari muncikari yang sama telah tiga kali dijual dengan pelanggan yang berbeda.

Sebelum melayani pelanggan, korban mengaku dibujuk oleh muncikarinya untuk melayani pelanggannya.

"Korban ini baru berusia 16 tahun masih SMP di Nunukan. Korban mengaku sudah tiga melayani pria dari satu muncikari yakni pelaku yang ditahan sekarang," ungkap Suhadak di Nunukan, Jumat (1/11).

Ia menjelaskan, sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan maka penyidik menjerat juga dengan Undang-Undang Eksploitasi Anak.

Muncikari tersebut saat ini ditahan di sel Mapolres Nunukan untuk menjalani proses hukum selanjutnya.

Baca juga:
Bongkar Prostitusi Online, Polisi Bedah Telepon Genggam Muncikari Soni Dewangga
Polisi Bongkar Prostitusi Online di Tasikmalaya, 8 Muda-Mudi Ditangkap
Satpol PP Tangsel Bongkar Prostitusi Berkedok Panti Pijat di Ciputat
Tersandung Kasus Prostitusi, Publik Figur PA Wajib Lapor Seminggu Sekali
Prostitusi Publik Figur PA, Muncikari Dapat Rp16 juta dari Tiap Transaksi
Sederet Publik Figur yang Pernah Terjerat Kasus Prostitusi Online

(mdk/ded)

TOPIK TERKAIT