Polisi Buka Kembali Jalan Merdeka Barat, Tetapi Tak Beri Izin Aksi Massa

PERISTIWA | 25 Juni 2019 11:49 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kapolres Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan normalisasikan arus Jalan Medan Merdeka Barat. Sebelumnya, jalan protokol Ring 1 ibu kota tersebut ditutup lantaran kondusifitas di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK).

"Banyak aktivitas masyarakat yang kemarin dialihkan dan ada masuk ke kami menyampaikan bahwa mereka merasa terganggu dengan pengalihan, karenanya hari ini aktivitas di depan MK berjalan normal," kata Kombes Harry saat dikonfirmasi, Selasa (25/6/2019).

Meski dinormalkan, perwira menengah Polri ini menegaskan tetap melarang adanya aksi massa di depan Gedung MK. Sebab, menurut Harry, pihak Polda Metro Jaya tidak mengeluarkan izin tersebut.

"Karena dari Polda menyampaikan itu. Tapi kita tetap mengantisipasi dengan tetap menempatkan personel," jelas Harry.

Harry mengatakan, pasukan gabungan TNI dan Polri disiagakan total berjumlah 13.747 anggota. Mereka dibagi di beberapa ring di sekitar areal Gedung MK.

Penyebaran pengamanan sendiri terdiri dari di dalam, khususnya di kantor MK, kedua di sekitar wilayah Gedung MK, seperti di depan jalan yang cakupannya hingga Patung Kuda di depan Gedung Indosat.

Baca juga:
Jubir MK Pastikan Putusan Sidang Sengketa Pemilu Dibacakan Kamis 27 Juni
Kapolri Siapkan 45.000 Personel Jaga Sidang Putusan Sengketa Pemilu di MK
Ulama Aceh Minta Masyarakat Terima Apapun Keputusan MK
Ma'ruf Amin Imbau Tak Ada Demo Berujung Kerusuhan Jelang Putusan Sidang MK
Ma'ruf Amin Pastikan NU Patuh, Tak Ada Aksi Saat MK Putuskan Sengketa Pilpres

(mdk/ded)