Polisi Buka Tutup Tol Cikarang Usai Aksi Protes Pekerja

Polisi Buka Tutup Tol Cikarang Usai Aksi Protes Pekerja
Pemeriksaan pemudik di Tol Cikarang Barat. ©Liputan6.com/Herman Zakharia
NEWS | 6 Mei 2021 15:31 Reporter : Bachtiarudin Alam

Merdeka.com - Polisi memutuskan untuk melakukan buka tutup kendaraan di Gerbang Tol Cikarang Barat. Hal itu imbas video protes pekerja akibat kemacetan, dari penyekatan larangan mudik.

"Jadi akhirnya kami lakukan buka tutup. Kejadiannya hanya sebentar dan saat ini dua arah sudah normal kembali," kata Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Kamis (6/5).

Sambodo mengatakan video yang beredar merupakan protes dari para bus angkutan karyawan imbas dilakukannya penutupan Gerbang Tol Cikarang Barat dari arah Cikampek.

"Penutupan Gerbang Tol Cikarang Barat itu perlu kita lakukan agar untuk menghindari adanya terjadi crossing, dengan kendaraan yang kita keluarkan dari jalan tol," terangnya.

Hal itu bertujuan menghindari crossing maupun kecelakaan. Sehingga kendaraan yang kita keluarkan akan diputarbalikan kembali ke Jakarta lewat jalan tol.

Sambodo menerangkan, skenario semacam itu juga berlaku pada sore hari atau jam pulang kantor. Sambodo berharap bus yang mengangkut karyawan atau buruh tidak lagi terhambat untuk menuju ke arah Cikampek.

"Nanti sore bus-bus karyawan yang sudah pagi lewat sini dia akan pulang, pulang ke arah Cikampek. Jadi yang nanti kita tutup di sini nanti kita buka sehingga bus-bus tersebut akan bisa menuju ke arah Cikampek," ujar dia.

Sambodo berharap skenario ini bisa membuat proses seleksi kendaraan pemudik jauh lebih baik.

"Mudah-mudahan dengan sistem ini besok pelaksanaan akan lebih smooth dan tidak ada lagi kejadian kejadian seperti tadi," ujar dia.

"Kejadian itu sekitar pukul 07.00 Wib. Sebentar aja paling enggak sampe 5 menit, mereka protes minta buka, kemudian kita lakukan buka tutup," terangnya.

Sebelumnya, sebuah video merekam aksi protes para karyawan di tengah kemacetan, imbas dari diberlakukannya penyekatan larangan mudik. Protes itu dilayangkan karena mereka tak bisa keluar gerbang tol (GT) Cikarang Barat dari arah Cikampek hingga membuat kemacetan.

Dalam video tersebut terlihat penumpukan kendaraan yang didominasi mobil bus. Selain itu banyak juga orang yang berdiri di jalan tol sambil melontarkan protes, lantaran tak bisa melanjutkan perjalanan.

"Woy buka, buka kita pekerja. Cikarang memanas, Cikarang Ditutup," ujar salah satu orang di dalam video. (mdk/ray)

Baca juga:
Sepinya Stasiun Pasar Senen di Tengah Larangan Mudik
Dikira Pemudik, Pengendara di Palembang Ngaku Dimintai Petugas Rp100 Ribu
Kapolda Jabar: Titik Krusial Penyekatan Mudik di Karawang
Hari Pertama Larangan Mudik, Terminal Pulo Gebang Hanya Berangkatkan 2 Bus
Hingga Siang, Terminal Pulogebang Hanya Berangkatkan 7 Orang Perjalanan Dinas

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami