Polisi di Sukoharjo incar ojek online yang berkendara sambil menggunakan HP

PERISTIWA | 27 April 2018 04:33 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Polres Sukoharjo, Jawa Tengah bekerja sama dengan TNI dan Dinas Perhubungan menggelar Operasi Patuh Candi 2018. Kegiatan yang dimulai Kamis (26/4) hingga 14 hari ke depan tak hanya menyasar semua jenis pelanggaran lalu lintas, termasuk yang dilakukan ojek online.

Demikian dikemukakan Kasat Lantas Polres Sukoharjo, AKP Finan Sukma Radipta kepada wartawan di kantor. Tindakan tegas akan dilakukan kepada semua pengguna jalan yang melakukan pelanggaran tanpa terkecuali.

"Kami akan menindak semua pelanggaran yang menjadi prioritas tanpa pengecualian. Pengemudi ojek online yang kedapatan saat mengemudi menggunakan handphone juga kita tindak langsung," ujar Finan.

Selain itu, jelas Finan, pihaknya juga akan menindak pelanggaran lainnya, yang dapat memicu kecelakaan lalu lintas. Di antaranya kendaraan yang nekat melawan arus atau tidak mengenakan helm.

Terkait penggunaan handphone saat berkendara, Finan menambahkan, sejauh ini dari pihak manajemen ojek online belum ada aturan resmi mengenai batasan yang diperbolehkan atau tidak kepada pengemudi mitranya. Namun polisi segera menyampaikan mengenai aturan lalu lintas, khususnya penggunaan handphone oleh pengemudi ojek online.

"Batasan untuk pengemudi ojek online dalam penggunaan handphone harus dijelaskan untuk keselamatan pengemudi dan penumpangnya sendiri," tandasnya.

Lebih lanjut Finan menyampaikan, untuk operasi kali ini ada 7 prioritas pelanggaran yang akan ditindak langsung. Yakni tanpa helm, anak di bawah umur, menggunakan handphone, bak terbuka untuk mengangkut orang, melawan arus dan berboncengan lebih dari satu.

"Untuk ojek online, kalau menerima order dan membaca map harus berhenti dalu. Kalau dalam keadaan jalan tidak boleh," tandasnya. (mdk/cob)


Ratusan motor terjaring razia di hari kedua Operasi Patuh Jaya
Bawa motor tak pakai helm, siswi SMK menangis saat mau ditilang
Di Jateng, setiap hari 11 nyawa melayang karena kecelakaan
Operasi Patuh Jaya 2018 diharapkan bisa tekan pelanggaran lalu lintas
Ratusan personel hadiri apel dalam Operasi Patuh Jaya 2018

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.