Polisi Diminta Lebih Konsisten saat Penerapan New Normal Dibandingkan PSBB

Polisi Diminta Lebih Konsisten saat Penerapan New Normal Dibandingkan PSBB
Check Point Pengawasan PSBB. ©2020 Merdeka.com/Arie Basuki
NEWS | 30 Mei 2020 20:32 Reporter : Bachtiarudin Alam

Merdeka.com - Sudah tiga periode sejak April penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Provinsi Jakarta, polisi telah melakukan berbagai upaya dan penjagaan kepada masyarakat dan akan berakhir pada 4 Juni nanti. Bersamaan dengan itu, polisi tengah bersiap menghadapi new normal atau kenormalan baru.

Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane meminta, kepada kepolisian sebelum merencanakan persiapan new normal. Polisi diminta harus konsisten dalam menerapkan PSBB sebelum memulai new normal.

"Karena itu polisi diminta harus konsisten terlebih dahulu, karena selama PSBB kemarin itu pengawasan yang efektif hanya pagi dan sore. Sedangkan siang dan malam cenderung tidak ada pengawasan, maka itu dulu berdasarkan hasil penerapan PSBB kemarin," ujar Neta saat dihubungi merdeka.com, Sabtu (30/5).

Selain itu, dia mengingatkan kepada kepolisian atas sifat konsisten mereka harus memakai pendekatan persuasif, karena tidak memiliki hak tindakan dasar hukum dalam menertibkan masyarakat pada PSBB maupun new normal nanti.

"Walaupun ada pejabat polisi yang mengatakan bisa dikenakan pasal sekian-sekian itu tidak kuat. Karena Undang-Undang Karantina itu tidak bisa diterapkan pada PSBB maupun kondisi pendoman new normal nanti," jelasnya.

Baca Selanjutnya: Polisi Harus Beri Contoh...

Halaman

(mdk/gil)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami