Polisi Gagalkan Penyelundupan Tujuh Paket Ganja Kering ke Sentani

Polisi Gagalkan Penyelundupan Tujuh Paket Ganja Kering ke Sentani
borgol. shutterstock
PERISTIWA | 7 Maret 2021 09:03 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Anggota Opsnal Narkoba Polres Jayapura mengamankan seorang pria berinisial IM (26). Pria tersebut diamankan di Jalan Merak, belakang Apotek Bunda Kotaraja, Distrik Abepura, Kota Jayapura.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Mustofa Kamal mengatakan, penangkapan terhadap pelaku dilakukan berdasarkan adanya informasi dari warga akan adanya narkotika jenis ganja yang masuk ke wilayah Sentani. Pengiriman narkoba tersebut menggunakan sepeda motor dari wilayah Waris, Kabupaten Keerom.

"Anggota Opsnal Narkoba Polres Jayapura yang di pimpin langsung oleh Kasat Narkoba Polres Jayapura bergerak dari Mapolres Jayapura menuju ke daerah Batas Kota untuk stand by informasi tersebut, agar saat terduga tersangka melintas masuk ke wilayah Sentani. Anggota langsung melakukan pembuntutan," katanya dalam keterangannya, Minggu (7/3).

Lalu, saat ingin menuju ke Batas Kota untuk melakukan penyelidikan atau pembuntutan. Mereka kembali mendapat informasi jika pelaku singgah di kostan di daerah Kotaraja. Kemudian, pihaknya langsung bergerak ke daerah Kotaraja untuk mencari keberadaan rumah kost tersebut.

Setelah tiba di daerah Kotaraja, polisi melakukan penyelidikan dan mendapatkan keberadaan rumah kost dari pelaku. Selanjutnya, langsung melakukan penangkapan terhadap pelaku.

"Dari penangkapan tersebut anggota berhasil mengamankan barang bukti berupa 7 buah plastik bening ukuran sedang berisikan narkotika jenis daun kering dan 1 buah plastik hitam berisikan narkotika jenis daun ganja kering," jelasnya.

Selanjutnya, pelaku beserta barang bukti langsung dibawa ke Mapolres Jayapura untuk dilakukan proses lebih lanjut.

Atas perbuatannya pelaku dijerat dengan Pasal 111 ayat (1) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan hukuman minimal 4 tahun penjara dan maksimal 20 tahun penjara serta denda paling sedikit Rp 800 juta dan paling banyak Rp 10 miliar.

"Barang bukti yang diamankan satu buah tas ransel warna hitam, tujuh buah plastik bening ukuran sedang berisikan narkotika jenis ganja, satu buah plastik hitam berisikan narkotika jenis ganja," pungkasnya. (mdk/fik)

Baca juga:
Kapolresta Denpasar Nilai Vonis Andrew Ayer Terlalu Ringan: Ini Sedikit Miris
Ditangkap Terkait Narkoba, Robby Abbas Mengonsumsi Sabu untuk Hilangkan Stres
Polisi Buru Pemasok dan Teman Wanita Konsumsi Sabu Bareng Robby Abbas
Tak Ada Barbuk Narkoba, Eks Muncikari Artis Robby Abbas Kemungkinan Direhab
Polisi Tangkap 2 Kurir Pembawa 9,14 Kg Sabu-Sabu di Barito Kuala
Polisi Buru Pemasok Sembilan Kilogram Sabu yang Dibawa Dua Petani di Kalsel
Polisi Gagalkan Penyelundupan Tujuh Paket Ganja Kering ke Sentani

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami