Polisi Libatkan Jaksa Gelar Rekonstruksi Ulang Kasus Pengecoran Mayat di Jember

PERISTIWA | 20 November 2019 11:46 Reporter : Muhammad Permana

Merdeka.com - Polres Jember menggelar rekonstruksi ulang kasus pembunuhan dan pengecoran dicor di Dusun Juroju, Desa Sumbersalak, Kecamatan Ledokombo. Pembunuhan ini diperkirakan terjadi pada akhir Maret 2019, namun baru terkuak pada awal November. Penyidik Kepolisian juga melibatkan jaksa dalam rekonstruksi ulang untuk mencocokkan dengan BAP.

"Kami bersama dengan Kejaksaan Negeri Jember melakukan rekonstruksi pembunuhan berencana yang dilakukan BHR (Bahar) dan B (Busani), guna memberikan kejelasan peran dengan sejumlah barang bukti, dan persesuaian dengan berita acara pemeriksaan," ujar Kapolres Jember AKBP Alfian Nurrizal saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (20/11).

Sebelumnya, polisi pada 7 November 2019 lalu telah menetapkan istri dan anak kandung korban, yakni Busani (45) dan Bahar Mario (27) sebagai pelaku pembunuhan berencana terhadap Surono (51) lalu mayatnya dikubur di salah satu sudut rumah. Untuk menghindari kecurigaan dan agar baunya tidak menyebar, kuburan Surono kemudian dicor dua lapis, dan di atasnya dibangun sebuah musala kecil.

Namun hanya satu dari dua pelaku yang dihadirkan dalam rekonstruksi ini, yakni Busani. Adapun Bahar Mario, tidak dilibatkan dalam rekonstruksi ulang.

"Untuk sementara, BHR menggunakan (pemeran) pengganti. Kita juga menghadirkan sejumlah saksi," lanjut Alfian.

Dalam pemeriksaan sebelumnya, Busani berperan membantu anaknya mengeksekusi Surono dengan menggunakan palu. Yakni dengan mematikan lampu, menerangi dengan lampu portabel, menyeret jenazah serta membantu penguburan. Selain itu, diduga Busani juga yang memberikan ide atau menyetujui rencana Bahar menghabisi nyawa sang ayah.

Pengamanan dalam rekonstruksi ulang ini terbilang cukup ketat. "Ada dari polsek 10 personel, dan dari Polres Jember 90 personel. Juga dibantu sejumlah warga dan relawan," pungkas Alfian.

Baca juga:
Miris, Rentetan Pembunuhan Anggota Keluarga Ini Dilakukan Cuma karena Masalah Harta
Eksekutor Kasus Jasad Dicor Residivis, Pernah Aniaya Istri Kiai di Pesantren
Kasus Mayat Dicor di Musala, Pelaku Nekat Bunuh Bapak karena Terlilit Utang
Detik-detik Istri Dibantu Anak Bunuh dan Cor Suami di Lantai Musala
Kisah Istri & Anak Durhaka Cor Jasad Ayah di Musala karena Asmara Terlarang & Warisan
Kasus Jasad Dicor, Istri Bunuh Suami Agar Bisa Nikah Sama Tetangga

(mdk/cob)