Polisi: Mobil Rental Langgar ETLE, Pemilik Kendaraan yang Ditilang

Polisi: Mobil Rental Langgar ETLE, Pemilik Kendaraan yang Ditilang
Kamera Tilang Elektronik ETLE. ©2019 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho
NEWS | 9 April 2022 05:02 Reporter : Muhamad Agil Aliansyah

Merdeka.com - Tilang elektronik sudah sepekan diberlakukan. Adalah penerapannya di tujuh ruas jalan tol. Puluhan ribu kendaraan yang tepergok kamera pengawas ditilang, surat cintanya dikirim langsung ke rumah si empunya.

Jika kendaraan tersebut adalah mobil rental, maka denda tilang elektronik akan dikirim ke si pemilik kendaraan. Bukan pengendara. Pemilik rental yang bertanggung jawab membayar denda ketika kendaraannya disewakannya terkena tilang elektronik di tol.

Kasubdit Penindakan dan Pelanggaran (Dakgar) Ditgakkum Korlantas Polri Kombes I Made Agus Prasatya mengatakan data yang direkam dalam sistem tilang elektronik adalah single identity.

"Jadi mobil itu harus single identity juga. Terus misalnya pertanyaan kepada penyewa rental. Ya Anda menyewakan dengan biaya tertentu silakan sampaikan kepada penyewa kendaraan jangan melanggar batas kecepatan ETLE di mana setelah tercapture itu kewajiban dari pemilik kendaraan harus menyelesaikan itu," ujar Agus saat berbincang dengan merdeka.com, Jumat (8/4).

Status kepemilikan mobil akan diketahui setelah pemilik kendaraan mendapatkan 'surat cinta'. Nantinya, orang yang mendapat surat cinta atau konfirmasi bisa menjelaskan soal identitas pemilik kendaraan tersebut. Apabila kendaraan tersebut sudah dijual maka pihak yang bertanggung jawab membayar denda administrasi pemilik kendaraan baru.

Agus mengatakan, validasi yang dilakukan back office setiap Polda itu dengan mengecek apakah kendaraan yang terekam itu sesuai dengan identitas kendaraan atau tidak. Apabila dinyatakan valid maka polisi mengirim surat cinta kepada pemilik kendaraan sesuai alamat identitas kendaraan tersebut.

"Jadi setelah dinyatakan valid baru dikirim surat konfirmasi. Surat konfirmasi itu belum tilang, itu hak sanggah kepada masyarakat. Dia bisa melakukan konfirmasi mengisi identitas, nomor handphone, email kemudian itu kendaraan siapa," kata Agus.

Pun, ia menegaskan Korlantas hanyalah berperan sebagai wasit atau dirjen ketika ada pelanggaran lalu lintas wilayah.

Dia mencontohkan kendaraan terekam gambar melakukan pelanggaran di Semarang memiliki pelat nomer Jakarta. Karena tindak pidananya terjadi di Semarang maka Polda setempat mengonfirmasi ke Korlantas untuk nanti mengirim data tersebut ke Dirlantas Polda Metro Jaya untuk memvalidasi data tilang elektronik tersebut. (mdk/rhm)

Baca juga:
Begini Cara Kerja Kamera ETLE di Tol dan Alur Urus Tilang Elektronik
Polda Jateng Belum Berlakukan ETLE Kendaraan Ngebut di Tol
Polisi: 10 Perusahaan Kerap Langgar Batas Muatan Selama Uji Coba Tilang ETLE di Tol
3 Hari ETLE di Tol, Kakorlantas Polri Klaim Budaya Berkendara Lebih Baik
Dirlantas Polda Metro Ungkap Kendala Penilangan atas Kecepatan Maksimum di Tol
2.191 Pelanggar Lalu Lintas Tertangkap Kamera ETLE di Kota Medan

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami