Polisi Periksa 6 Saksi Terkait Kasus Ledakan Pabrik di Gresik

Polisi Periksa 6 Saksi Terkait Kasus Ledakan Pabrik di Gresik
Pabrik di Gresik Meledak, 5 Pekerja Tewas dan 2 Luka Berat. ©ANTARA/HO-Polres Gresik
NEWS | 10 Juni 2021 09:37 Reporter : Ya'cob Billiocta

Merdeka.com - Aparat Kepolisian Resor (Polres) Gresik, Polda Jawa Timur memeriksa enam saksi terkait insiden ledakan pabrik Jalan Dharmo Sugondo, Kecamatan Kebomas. Dalam peristiwa tersebut, lima pekerja tewas.

"Untuk saat ini baru enam saksi yang kami periksa. Selanjutnya, masih dilakukan penyelidikan dan pemeriksaan Labfor Polda Jatim," kata Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto saat dikonfirmasi, Rabu (9/6). Dikutip dari Antara.

Alumnus Akpol 2001 itu mengatakan, pihaknya juga akan terus mendalami ledakan yang terjadi di kawasan industri setempat.

2 dari 2 halaman

Identitas Para Korban

Ledakan pabrik diduga berasal dari tangki metanol milik PT Citra Adi Sarana (CAS) Indonesia. Nama-nama para korban meninggal akibat ledakan tersebut adalah Muhammad Burhanudin Al Ansori (22) dan Ibnu Attoilah (21). Keduanya berasal dari Kabupaten Trenggalek, Jatim dan saat ini berada di kamar jenazah RS Semen Gresik.

Kemudian Septianingrum (26) dari Kabupaten Kediri, Muhammad Andik (33) warga Kelurahan Gending, Kecamatan Kebomas Gresik dan Johanes Saputro (22) warga Kabupaten Lamongan. Jenazah ketiganya berada di RSUD Ibnu Sina Gresik.

Sedangkan korban luka masing-masing Nur Kholik (35) warga Kelurahan Sukorame Gresik dan Ali (25) yang mengalami luka bakar di sekujur tubuh dan dirawat di RS Semen Gresik.

Arief mengaku, masih terus melakukan penyelidikan terkait peristiwa itu dan belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut.

"Untuk ledakan masih kami selidik. Lima orang meninggal dunia. Lokasi yang berada di kawasan industri itu saat ini masih kami amankan," terangnya.

Senada dengan Kapolres, Kasatreskrim Polres Gresik AKP Bayu Febrianto Prayoga mengaku belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut.

Sebelumnya, salah satu saksi yang tidak mau disebutkan namanya menjelaskan bahwa kejadian bermula saat PT Citra Adi Sarana (CAS) Indonesia melakukan pabrikasi, kemudian terjadi kejadian tersebut.

Saksi lain mengatakan akibat ledakan itu korban dilaporkan terhempas hingga tujuh meter dan badan tangki lepas dari dudukannya.

"Akibat ledakan itu, dua korban yang berada di atas tangki ikut terhempas hingga tujuh meter. Sedangkan pekerja yang di bawah mengalami luka bakar," katanya.

Baca juga:
Pabrik di Gresik Meledak, 5 Pekerja Tewas dan 2 Luka Berat
2 Petugas KAI Meninggal Tersambar Kereta saat Membersihkan Rel
Teknisi Tewas Terjepit Lift Hotel di Malang, Evakuasi Jenazah 4 Jam
Kisah Pilu di Balik 3 Warga Garut Meninggal Dunia Akibat Terjebak di Septic Tank
3,5 Jam Menegangkan, Penyelamatan Pria Terjepit di Atas Tower Setinggi 15 Meter
Dua Pekerja Tewas Tertimpa Tembok saat Renovasi Rumah di Benhil

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami