Polisi Periksa Sejumlah Saksi di Palembang Terkait Ceramah Habib Bahar

PERISTIWA | 3 Desember 2018 19:05 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Penyidik Mabes Polri memeriksa sejumlah saksi di Mapolda Sumsel, terkait kasus dugaan ujar kebencian yang dilakukan Habib Bahar kepada Presiden Joko Widodo. Pemeriksaan dilakukan lantaran locus kejadian berada di Palembang.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara mengungkapkan, saksi-saksi itu berasal dari masyarakat yang menghadiri ceramah Habib Bahar pada Januari 2017. Keterangan juga diambil beberapa anggota kepolisian yang bertugas menjaga keamanan saat acara berlangsung.

"Di Polda Sumsel tempat pemeriksaan saksi, setahu saja begitu, dari masyarakat dari polisi juga ada," ungkap Zulkarnain saat dihubungi merdeka.com, Senin (3/12).

Terkait konten pemeriksaan, Zulkarnain menyebut bukan wewenangnya. Polda Sumsel hanya sebatas fasilitator bagi penyidik Mabes Polri dalam menangani kasus itu.

"Kami hanya membantu apapun yang dibutuhkan untuk melengkapi perkara, itu kewajiban kita semua," ujarnya.

Selain pemeriksaan saksi, kata dia, penyidik Mabes Polri juga sudah melakukan olah TKP dan mengumpulkan barang bukti. "Misalnya rekaman ceramah atau mencari yang lainnya," pungkasnya.

Baca juga:
Mangkir, Habib Bahar Kembali Dipanggil Bareskrim Kamis 6 Desember
Tim Jokowi: Habib Bahar Mestinya Minta Maaf
Berkaca Kasus Habib Bahar, Buya Syafii Minta Dakwah Diisi Kesejukan
Mahfud Soal Habib Bahar: Dakwah Harusnya Menyejukkan Bukan Memaki-maki
Hari Ini, Habib Bahar Diperiksa Bareskrim Terkait Dugaan Hina Jokowi

(mdk/cob)