Polisi Sebut Ada Aliran Dana MeMiles ke Keluarga Cendana

PERISTIWA | 22 Januari 2020 13:31 Reporter : Erwin Yohanes

Merdeka.com - Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan menyebut ada aliran dana yang masuk ke keluarga Cendana. Uniknya, aliran dana yang masuk itu, tanpa perlu melakukan proses top up sebagaimana layaknya member investasi bodong MeMiles.

Irjen Luki mengatakan, AHS (Ari Haryo Wibowo Harjojudanto alias Ari Haryo Sigit), cucu dari mantan Presiden Soeharto disebut bukan member dari MeMiles. Namun, sang istri lah, Frederica Francisca Callebaut, yang menjadi member dari investasi bodong tersebut. Namun, meski bukan member, penyidik menemukan adanya aliran dana dari MeMiles ke Ari.

"Inilah yang kami tangani, berapa aliran dana yang diterima dan sebagai apa. Namun di dalam ini tidak ada sebagai member (Ari), tidak top up tapi ada aliran dana masuk. Kalau istrinya memang top up member. Demikian," kata Irjen Luki, Rabu (22/1).

Ia mengakui, penyidik tengah mendalami persoalan ini dalam pemeriksaan yang sedang berlangsung. "Soal pemeriksaan nanti tanya humas atau Dirsus. Ini masih berlangsung. Tapi yang jelas pemeriksaan saksi sebelumnya dan para tersangka juga ada keterangan dari hasil digital forensik," ungkapnya.

Sementara itu, bersamaan dengan pemeriksaan AHS, polisi juga menyita dua kendaraan mewah yang telah diterima oleh keluarga Cendana. Informasi yang dihimpun, kedua mobil mewah itu berjenis Alphard. Kedua Alphard itu, dikirim langsung dari Jakarta ke Mapolda Jatim hari ini.

"Hari ini bersamaan AHS tadi malam sudah meluncur dua kendaraan mewah. Pada saat diperiksa tadi malam bersamaan berangkat, ada dua kendaraan," tegasnya.

1 dari 1 halaman

Keluarga Cendana Diperiksa

Sebelumnya, keluarga Cendana yang akan diperiksa itu antara lain, Ari Haryo Wibowo Harjojudanto alias Ari Haryo Sigit (AHS). Ari anak dari anak kedua Soeharto, Sigit Hardjojudanto yang berarti cucu dari mantan presiden kedua Indonesia.

Lalu, yang kedua adalah Frederica Francisca Callebaut, istri dari Ari. Dan ketiga adalah Ilsye Aneke Ratnawati. Ilsye, adalah istri dari Sigit Hardjojudanto, yang tak lain adalah putra kedua dari mantan Presiden Soeharto.

Keterlibatan ketiga nama keluarga Cendana ini, muncul dari berita acara pemeriksaan tersangka utama MeMiles. AHS diduga telah menerima reward berupa mobil mewah dari PT Kam and Kam. Demikian juga dengan istri dan ibu Ari, diduga telah memperoleh reward sejumlah unit mobil.

Kasus investasi bodong MeMiles dibongkar oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Jawa Timur. Dalam kasus ini polisi telah menetapkan 5 tersangka yaitu Kamal Tarachan (47), selaku Direktur PT Kam n Kam; Suhanda (52), sebagai manajer.

Kemudian dr Eva Martini Luisa, sebagai motivator; Prima Hendika, Kepala Tim IT Memiles, serta W, orang kepercayaan direktur PT Kam and Kam yang bertugas membagi reward kepada para member.

Polisi juga menyita barang bukti uang tunai dari tersangka sebesar Rp 124 miliar, 20-an unit mobil, dua sepeda motor, serta puluhan barang elektronik dan beberapa aset berharga lainnya. (mdk/gil)

Baca juga:
Keluarga Cendana, Tata Janeeta & Aji Notonegoro Hadiri Pemeriksaan Terkait MeMiles
Rekening Dua Tersangka Utama MeMiles Berisi Rp4,1 Miliar
Dipanggil Jadi Saksi Kasus MeMiles, Tata Janeeta dan Regina Idol Mangkir
Membedah Investasi Bodong MeMiles
Menelusuri Markas MeMiles
Diperiksa Polisi, Pinkan Mambo Mengaku Diundang Menyanyi di Acara MeMiles
Besok Keluarga Cendana Dijadwalkan Diperiksa Terkait Investasi Bodong MeMiles

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.