Polisi sebut ledakan di Soe NTT berasal dari granat kejut

Polisi sebut ledakan di Soe NTT berasal dari granat kejut
PERISTIWA | 30 Oktober 2018 10:15 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah

Merdeka.com - Polisi melakukan olah kejadian perkara ledakan di belakangan Gereja Tebes Kobelete, Kota Soe, Kabupaten Timur Tengah Selatan (TTS). Kepala Bidang Humas Polda NTT Kombes Pol Jules Abraham Abast mengatakan dari hasil olah tempat kejadian perkara diduga sumber ledakan yang terjadi di kota Soe pada Minggu (28/10) malam berasal dari granat kejut.

"Hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh tim penjinak bom Gegana Satuan Brimob Polda NTT dipastikan yang meledak adalah granat kejut," katanya di Kupang seperti dikutip Antara, Selasa (30/10).

Ledakan tersebut mengakibatkan Sekretaris Polisi Pamong Praja (Pol PP) Kabupaten TTS Istantho AE Djaha mengalami luka berat. Korban kemudian pada pukul 22.00 Wita malam itu juga langsung dilarikan dari RSUD Soe dan ke RS Siloam untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Korban mengalami luka berat di tangan dan kaki, karena berusaha menghancurkan granat tersebut dengan cara memukulnya dengan palu sehingga mengakibatkan ledakan.

Jules menjelaskan granat kejut sebenarnya sering digunakan oleh pihak keamanan seperti TNI dan kepolisian untuk kebutuhan latihan.

Namun, kata mantan Kapolres Manggarai Barat itu, jika ledakannya terjadi dalam radius sanbat dekat bisa menyebabkan luka parah.

"Inilah seperti yang dialami oleh Istantho. Beliau memukul granat tersebut, sehingga luka yang dialami juga sangat besar," tambah dia.

Sementara itu Kapolres TTS AKBP Totok Mulyanto mengatakan pihaknya masih mengidentifikasi kepemilikan granat kejut itu.

"Kami belum bisa memastikan siapa pemiliknya. Kami masih menunggu hasil pemeriksaan lengkap oleh tim Jibom Gegana Sat Brimob Polda NTT," ujar dia. (mdk/ray)

Baca juga:
Polisi masih identifikasi pemilik bom yang meledak di NTT
Bom meledak di Kota Soe, anggota Satpol PP luka berat
Benda misterius meledak, Istanto alami luka parah
Terjadi penembakan brutal di perguruan tinggi Crimea, 19 orang tewas
Bom bunuh diri di depan sekolah di Afganistan, 68 orang tewas

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami