Polisi Siapkan Jalan Pagedangan BSD Jadi Trek Balap Motor di Tangerang Selatan

Polisi Siapkan Jalan Pagedangan BSD Jadi Trek Balap Motor di Tangerang Selatan
Lokasi Balap Motor di Tangerang. Kirom
NEWS | 17 Januari 2022 18:20 Reporter : Kirom

Merdeka.com - Polisi mengecek lokasi balap motor di Jalan Grand Boulevard, Desa Pagedangan, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Senin (17/1) sore. Jalan sepanjang meter itu bakal digunakan untuk arena balap motor warga Tangerang Selatan dan sekitarnya.

Kasat Lantas Polres Tangerang Selatan AKP Dicky Priambudi Sutarman mengatakan bahwa sudah dua kali meninjau lokasi tersebut. Peninjauan kali kedua yang dilakukan jajaran Satlantas Polres Tangerang Selatan, dalam rangka mempersiapkan lokasi street race di wilayah Tangerang Selatan.

"Hari ini kami melakukan survei kedua di lokasi yang direncanakan akan dijadikan street race di kawasan Grand Boulevard, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang," kata Dicky di Jalan Grand Boulevard.

lokasi balap motor di tangerang
Kirom

Dalam peninjauan lokasi itu, Satlantas Polres Tangsel, juga menyertakan komunitas street race dan joki balap liar untuk melakukan pengetesan terhadap jalan raya milik pengembang kawasan perumahan itu.

Dicky menyebutkan, untuk jalan yang dites sebagai tempat street race di kawasan Pagedangan itu, memiliki panjang trek sekitar 800 meter dengan dengan kemampuan aspal yang dibilang cukup mumpuni untuk digunakan sebagai tempat balapan motor.

"Kami mengajak komunitas motor dan joki balap guna memastikan dobel cek dan tripel cek. Panjangnya 401 meter dan trek lurus yang sudah ada 800 meter. Selanjutnya, akan kami laporkan ke Kapolres dan Dirlantas Polda Metro, menunggu arahan pimpinan selanjutnya," kata dia.

2 dari 2 halaman

Balap Perdana

Balap motor digagas Polda Metro Jaya resmi mengaspal perdana hari ini Minggu (16/1). Balap motor perdana bertajuk latihan bersama itu digelar di Jalan Inpeksi Kali Ancol, Jakarta Timur.

Street race perdana ini diikuti 350 pebalap dari delapan kategori. Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Muhammad Fadil Imran mengungkapkan berencana menggelar street race tak hanya di kawasan Ancol.

"Nanti saya akan minta masing-masing Polres mencari tempat di wilayahnya masing-masing untuk memfasilitasi adik-adik yang berbakat dalam dunia motor sport," kata Fadil saat memberi sambutan acara pembukaan street race di kawasan jalan Inspeksi Kali Ancol, Jakarta Utara, Minggu (16/1).

Fadil mengatakan, beberapa Polres menyambut baik rencananya tersebut. Dia menyebut lokasi balap motor selanjutnya tengah dipersiapkan beberapa Polres seperti Polres Tangerang Selatan, Polres Bekasi yang menyatakan siap mengakomodir gelaran ini.

"Saya sudah minta Kasatlantas Bekasi, Kasatlantas Tangerang untuk mencari lokasi. Dan alhamdulilah di Tangsel, di Serpong sudah siap nanti kita akan akomodir, fasilitasi, kanalisasi, adek-adek ini untuk wilayah daerah penyangga Tangerang," kata Fadil.

Bahkan, Fadil menegaskan bahwa balapan perdana ini bukanlah sekedar seremonial, melainkan ajang balapan yang akan berkelanjutan secara tiga bulan sekali.

"Jangan dilihat hari ini saja, ini sebuah awalan dari ikhtiar transformasi. Kegiatan ini adalah sebuah dan metode yang sudah dikembangkan oleh Polda Metro Jaya," kata dia. (mdk/gil)

Baca juga:
Ketika 'Gempi' Jajal Trek Balap di Ancol, 'Ahok' dan 'Rafathar' Nunggu
Ratusan Pembalap Ramaikan Street Race Ancol
Cerita Joki Balap di Ancol: Sekarang Lebih Nyaman Enggak Diuber-uber Polisi
Syarat dan Cara Pendaftaran Balapan Street Race yang Digelar Polda Metro Jaya
Cegah Dijadikan Ajang Judi, Balap Street Race Disiapkan hadiah Motor Hingga TV
Polda Metro Jaya akan Evaluasi Pembatas untuk Penonton dengan Trek Balapan
Polda Metro Berharap Balap Motor Jalanan Mampu Minimalisir Kecelakaan

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami