Polisi Tambal Jalan Berlubang di Kupang Minimalisir Kecelakaan

Polisi Tambal Jalan Berlubang di Kupang Minimalisir Kecelakaan
Polisi Tambal Jalan Berlubang di Kupang Minimalisir Kecelakaan. ©2022 Merdeka.com
NEWS | 29 Januari 2022 08:32 Reporter : Ananias Petrus

Merdeka.com - Walaupun bukan tugas dan kewenangan mereka, namun meminimalisir pengguna jalan mengalami kecelakaan, Satuan Lalu Lintas, Polsek Oebobo dan Satuan Sabhara Polres Kupang Kota, Nusa Tenggara Timur menambal sejumlah ruas jalan utama yang sangat beresiko.

Menggunakan sebuah mobil truk molen milik Renne Beton, para polisi yang masih mengenakan pakaian dinas ini menambal jalan yang tak kunjung diperbaiki oleh dinas terkait. Padahal merupakan jalur utama di Kota Kupang.

Penambalan jalan berlubang ini dilakukan di dua titik yakni, Jalan W. J. Lalamentik tepatnya di depan Kantor Jasa Raharja Cabang Kupang, dan di Jalan Frans Seda tepatnya di samping Kantor Konsul Timor Leste.

Kasat Lantas Polres Kupang Kota, AKP Andri Aryansyah mengatakan, pihaknya menambal jalan berlubang di jalur yang ramai lalu lintas, dengan harapan para pengguna jalan merasa nyaman dan selamat sampai di rumah.

"Kita juga ingin kurangi potensi kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) akibat kerusakan jalan raya," ujarnya, Jumat (28/1).

Menurutnya, penambalan dilakukan untuk mengurangi kemacetan dan lakalantas di jalur-jalur utama tersebut. Untuk hari ini dilakukan hanya di dua tempat karena cuaca kurang bersahabat. Setelahnya akan disurvei lagi di lokasi lain untuk segera ditambal.

"Jumlah lakalantas meninggal dunia dari Januari hingga Desember 2021 akibat jalan rusak itu sebanyak 53 kasus, 12 kasus luka berat dan 72 kasus luka ringan, dan kita ingin kurangi dengan perbaikan jalan seperti ini," jelas Andri.

Andri menambahkan, banyak masyarakat Kota Kupang yang mengeluhkan kondisi jalan utama yang rusak di berbagai platform media sosial. Hal ini membuat pihaknya bekerjasama dengan pihak ketiga, berinisiatif untuk membantu memperbaiki.

"Kita gandeng Renne Beton untuk bantu pemerintah memperbaiki jalan yang berlubang, sehingga kecelakaan lalu lintas dan kemacetan bisa diminimalisir. Ini murni inisiatif kita," ungkap Andri.

Andri menambahkan, banyak jalur utama di Kota Kupang berlubang yang mengakibatkan kecelakaan lalu lintas. Pihaknya akan berusaha untuk menutup lubang-lubang itu.

"Kita prioritas jalan-jalan berlubang mana yang kita tambal. Kita tidak pungkiri materinya dari mana, kita kerja sama dengan Renne Beton Kupang sehingga bisa menambal jalan-jalan berlubang ini," katanya. (mdk/rhm)

Baca juga:
Sumut Disebut Jadi Provinsi dengan Jalan Rusak Terpanjang di Indonesia, Ini Faktanya
Jalan Inspeksi Kali Ciliwung Ambles
Untuk ke-6 Kalinya, Jalan Menuju Selatan Cianjur Terputus
DPRD Ingatkan Pemprov DKI Perbaikan Jalan Rusak Akibat Banjir Jangan Tambal Sulam
300 Meter Tanggul Citarum di Kabupaten Bekasi Amblas, 4 Kecamatan Terancam Banjir
Warga Keluhkan Pembetonan Jalan yang 'Asal Jadi', Begini Respons Wali Kota Medan

TOPIK TERKAIT

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami