Polisi Tangkap 1 Terduga Pembakar Lahan di Indragiri Hilir

PERISTIWA | 19 September 2019 15:39 Reporter : Ya'cob Billiocta

Merdeka.com - Kam, pria berusia 60 tahun diamankan aparat Kepolisian Resor Indragiri Hilir, Riau, terkait dugaan pembakaran lahan yang terjadi di Parit 17 Dusun Maju Jaya, Desa Kerta Jaya, Kecamatan Kempas. Kasat Reskrim Polres Inhil AKP Indra Lamhot Sihombing mengatakan, penangkapan Kam dilakukan pada Rabu (18/9) sekira pukul 17.00 WIB.

"Kanit Tipidter langsung melaporkan hal tersebut kepada saya. Mendapat informasi tersebut, saya langsung memerintahkan Kanit Tipidter dan anggota unit Tipidter untuk langsung berangkat guna memastikan informasi tersebut," tutur Indra, Kamis (19/9). Dikutip dari Antara.

Setibanya di lokasi lahan milik Pewa di Parit 9 Desa Pancur, petugas tersangka Kam untuk dibawa ke Polres Inhil guna dilakukan proses lebih lanjut.

Berdasarkan keterangan Kepala Desa setempat, Harmonis, luas lahan yang terbakar sekitar 500 hektare. Sedangkan api yang membakar lahan tersebut belum padam sehingga luas lahan yang terbakar diperkirakan akan bertambah.

Polres Indragiri Hilir berulang kali mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak membakar lahan maupun hutan jika ingin bercocok tanam atau berkebun. Hal itu selain berbahaya juga bisa menimbulkan kerugian dan mengganggu kesehatan, terlebih saat ini sedang musim kemarau.

Beberapa waktu sebelumnya seorang pria di Kabupaten Inhil meninggal dunia ketika berjuang memadamkan kebakaran lahan. Pria tersebut meninggal karena kebanyakan menghirup asap yang sangat berbahaya bagi paru-paru.

Baca juga:
Dua Pekan Dikepung Kabut Asap Karhutla, 1.072 Warga Berau Derita ISPA
Lahan Sawit di Labuhan Batu dan Semak di Tepi Danau Toba Terbakar
Pemerintah Didesak Buka Data Perusahaan Pembakar Lahan di Riau dan Kalimantan
Pria Diduga Pembakar Lahan Ditangkap Polres Indragiri Hilir Riau
Malaysia akan Buat Undang-undang untuk Jerat Perusahaan Pembakar Lahan di Indonesia
Polisi Tangkap Pelaku Pembakaran Hutan di Flores Timur

(mdk/cob)