Polisi Tangkap Otak Dibalik Kaburnya Tahanan Polresta Malang Kota

PERISTIWA » MALANG | 11 Desember 2019 09:09 Reporter : Erwin Yohanes

Merdeka.com - Otak dibalik kaburnya tahanan dari Rutan Polresta Malang Kota berhasil diringkus di Kediri. Nahasnya, ia terpaksa ditembak kedua kakinya lantaran masih saja berupaya kabur saat hendak ditangkap.

Penangkapan terhadap tahanan yang kabur ini dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera. Ia menyatakan, tahanan yang kabur itu ditangkap pada Rabu (11/12) dini hari sekitar pukul 01.00 WIB di sebuah rumah kos di Jl MT Haryono Desa Bandar Lor, Kec. Mojoroto, Kab, Kediri.

"Benar, telah ditangkap tahanan yang melarikan diri atas nama Shokip Sulianto," ujarnya.

Ia menambahkan, Shokip merupakan otak dari pelarian sejumlah tahanan yang ada di dalam Rutan Polresta Malang Kota pada Selasa (9/12) lalu. Ia merupakan tersangka dalam kasus kepemilikan narkotika jenis sabu.

"Tersangka diketahui telah menyewa kamar kos di Kediri, bersama dengan tersangka lain bernama Bayu Prasetyo. Namun saat Shokip ditangkap, Bayu telah melarikan diri," ujarnya.

Usai penangkapan, tersangka Shokip lalu digiring menuju Polresta Malang Kota. Saat itu lah, tersangka yang telah terborgol kedua tangannya, berupaya melarikan diri dengan cara mendorong salah satu petugas pengawalnya hingga terjatuh.

1 dari 1 halaman

Petugas lain yang mengetahui hal tersebut, berupaya memberikan tembakan peringatan hingga 3 kali ke tersangka, namun tidak digubris. Hingga akhirnya, petugas terpaksa menembak kedua kakinya.

"Terpaksa dilakukan tindakan tegas terukur, karena yang bersangkutan berupaya melarikan diri," tandasnya.

Sebelumnya, pada Selasa (9/12) lalu, sejumlah tahanan di Polresta Malang Kota melarikan diri dari Rutan. Setidaknya, ada 4 orang tahanan yang diketahui melarikan diri dengan menggergaji jeruji tahanan. Diantaranya, Nurcholis, Bayu Prasetyo, Adrian Fairi, dan Shokip Yulianto. Dua nama terakhir telah tertangkap. (mdk/fik)

Baca juga:
Berdalih Hadiri Pernikahan Anak, Alasan Tahanan Kabur dari Polresta Malang Kota
Gergaji Teralis Sel, Empat Tahanan Kasus Narkoba Polresta Malang Kota Kabur
Sebanyak 9 Napi Kabur dari Tahanan Polsek Kerinci, 8 Tertangkap dan 1 Masih Buron
Seminggu Kabur, Napi Rutan Bangli Belum Berhasil Ditangkap
Seorang Narapidana Rutan Bangli Kabur Saat Ditugaskan Kerja di Luar
Ombudsman Curiga Ada Peran Oknum Imigrasi Atas Kaburnya Buronan Amerika di Bali

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.