Polisi Tangkap Pentolan KKB DPO Kasus Penyerangan Polsek Sinak

PERISTIWA | 22 November 2019 14:44 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pimpinan KKB Sinak, Iris Murib berhasil diamankan Polda Papua. Diketahui, Iris Murib sudah masuk daftar pencarian orang (DPO) kasus penyerangan Polsek Sinak pada 17 Desember 2015.

"Pada hari Kamis tanggal 21 November 2019 sekitar pukul 14.21 WIT, bertempat di Distrik Iwaka Timika Kabupaten Mimika telah diamankan salah satu pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Sinak atasnama Iris Murib," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal lewat keterangan tertulisnya, Jumat (22/11).

Kronologi penangkapan Iris terjadi pada 18 November 2019, dari hasil penyelidikan polisi diketahui Iris Murib berada di Timika. Kemudian, selanjutnya tim melakukan rencana selama 2 hari untuk melakukan penangkapan terhadap Iris Murib.

"Pada hari Kamis tanggal 21 November 2019 sekitar pukul 12.30 WIT, tim melakukan penyelidikan keberadaan Iris Murib di Kota Timika dan pukul 14.00 WIT, tim melakukan pemantauan keberadaan di Kali Pindah-pindah yang mana Iris Murib sedang duduk di dalam Honay bersama dengan 6 orang laki-laki memegang senjata tajam berupa parang dan kampak," jelas Kamal.

1 dari 1 halaman

Iris Murib Melawan Polisi

Baru pada pukul 14.21 WIT, tim melakukan penangkapan terhadap Iris Murib dan terjadi perlawanan, tetapi Iris Murib berhasil diamankan tim. Selanjutnya Iris Murib dibawa ke Mapolres Mimika untuk proses hukum lebih lanjut.

Diketahui, kasus penyerangan dilakukan Iris pada 2015 lalu menyebabkan 3 anggota Polsek Sinak meninggal dunia dan 1 orang terluka serta merampas 8 (Delapan) Pucuk Senjata Api.

Peran Iris Murib sendiri diketahui adalah eksekutor yang melakukan penembakan terhadap 4 anggota Polsek Sinak dengan menggunakan senjata laras panjang.

Reporter: M Radityo (mdk/ray)

Baca juga:
TNI-Polri Antisipasi Masuknya KKB ke Wilayah Tembagapura Papua
HUT OPM 1 Desember, Menkominfo Tegaskan Tak Ada Pembatasan Internet
3 Tukang Ojek Ditembak KKB di Kabupaten Intan Jaya
Dipanah saat Survei Jalan di Yakuhimo, Staf Kemen PUPR Dievakuasi ke Jayapura
Tokoh Papua Kecam Kelompok Separatis yang Senang Wiranto Ditusuk