Polisi Tangkap Spesialis Curanmor Lintas Provinsi

Polisi Tangkap Spesialis Curanmor Lintas Provinsi
borgol. shutterstock
PERISTIWA | 9 Januari 2021 01:32 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Spesialis pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) lintas provinsi, Iwan Lodi Saputra (26) dibekuk polisi. Pelaku kerap beraksi di beberapa daerah di wilayah Sumatera Selatan dan Bengkulu.

Pelaku diamankan tanpa perlawanan tak jauh dari rumahnya di Jalan Poros, Kecamatan Lebong Atas, Kabupaten Lebong, Bengkulu, Kamis (8/1) pagi. Dia lantas dibawa ke Polsek Tugumulyo, Musi Rawas, Sumatera Selatan, untuk proses hukum lebih lanjut.

Aksi pelaku dilakukan seorang diri di rumah korban Ahyar (39) di Desa A Widodo, Tugumulyo, Minggu (27/12) dini hari. Dia memanjat tembok belakang rumah dan mencuri sepeda motor yang terparkir di garasi.

Pelaku mendorong motor ke pagar dan menaruh sepotong kayu untuk menaiki pagar depan setinggi 1,5 meter. Barang curian dibawanya ke Bengkulu untuk dijual kembali. Korban pun kehilangan motor jenis Yamaha Vega R nomor polisi 2957 PH senilai Rp5 juta.

Kapolsek Tugumulyo AKP Dadang Rusnandar mengungkapkan, aksi tersangka terbilang nekat dan terlatih karena sanggup mengangkat sepeda motor ke atas pagar yang cukup tinggi. Namun, itu sangat mudah baginya lantaran tersangka adalah spesialis curanmor lintas provinsi.

"Tadi pagi kami amankan dibackup Polres Lebong. Tersangka mengakui perbuatannya," ungkapnya.

Dia mengatakan, tersangka dikenal spesialis curanmor yang beraksi di sekitar wilayah Musi Rawas dan Bengkulu. Dia terlebih dahulu melihat situasi rumah yang menjadi incarannya dan beraksi pada saat pemilik rumah tidur.

"Kami masih periksa berapa kali beraksi dan di mana tempat menjual motor curiannya," katanya.

Atas perbuatannya, tersangka dikenakan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan yang diancam lima tahun penjara. (mdk/fik)

Baca juga:
Seorang Pria di Bali Ditangkap Polisi usai Mencuri Motornya Sendiri
Polisi Tangkap 3 Serangkai Spesialis Maling Motor Teror Warga Tasikmalaya
Polisi Tembak Pelaku Curanmor di Kalideres Karena Melawan saat Ditangkap
Polisi Tembak 2 Pelaku Pencurian Sepeda Motor di Kalideres
Rampas Sepeda Motor, Purnawirawan TNI Diamuk Massa
2 Pencuri Sepeda Motor Ditembak Polisi Usai Beraksi di Ruko Kawasan Denpasar

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami