Polisi Tegaskan Info Pembuatan SIM Tanpa Tes di Depok Hoaks

PERISTIWA | 7 Februari 2019 21:39 Reporter : Nur Fauziah

Merdeka.com - Hari ini warga dihebohkan dengan adanya pesan berantai soal pembuatan SIM kolektif di Depok. Warga pun banyak menanyakan kabar tersebut kepada polisi.

Dalam isi pesan tersebut menyebutkan bagi masyarakat yang hendak membuat SIM hanya perlu datang, foto dan tanpa tes. Kegiatan ini dilaksanakan di lokasi yang telah ditentukan pada Sabtu, 29 Februari 2019 mendatang. Salah satunya, di wilayah hukum Polresta Depok.

Kanit Regident Satlantas Polresta Depok AKP Agung Permana menegaskan informasi tersebut hoaks atau tidak benar. Pihaknya, tidak pernah mengeluarkan aturan maupun program pembuatan SIM tanpa melalui prosedur yang berlaku.

"Itu hoaks, tidak benar," katanya, Kamis (7/2).

Dikatakan bahwa pihaknya tidak pernah membuat maupun menganjurkan masyarakat untuk membuat SIM secara kolektif tanpa melalui tes. Oleh karenanya warga diimbau lebih bijak menerima informasi. Sebaiknya informasi yang didapat dikonfirmasi terlebih dahulu. Warga juga diminta tidak asal menyebarkan informasi ke sosial media jika belum terkonfirmasi.

"Warga lebih bijak menggunakan media sosial, jadi ketika mendapatkan informasi segera konfirmasi kepada pihak yang berwajib, jangan ditelan mentah-mentah," tukasnya.

Baca juga:
TGB Jelaskan Gerakan Menangkal Fitnah dan Hoaks
Lawan Hoaks, Generasi Milenial Diminta Sebar Konten Positif di Medsos
Pembuatan SIM Tanpa Tes pada 29 Februari Dipastikan Hoaks
Bulan Januari 2019, Kemkominfo Identifikasi 175 Konten Hoaks
Gaya Menyerang Jokowi Jawab Fitnah dan Hoaks Masukan dari Relawan Pendukung

(mdk/cob)

TOPIK TERKAIT