Polisi temukan iklan berlambang komunis di Lenteng Agung

Polisi temukan iklan berlambang komunis di Lenteng Agung
Iklan berlogo komunis. ©2016 ISN/Polda Metro Jaya
NEWS | 3 Oktober 2016 16:08 Reporter : Dede Rosyadi

Merdeka.com - Aparat kepolisian mengaku menemukan iklan berlambang dan berlogo komunis. Iklan milik salah satu perusahaan telekomunikasi itu terpasang di sekitar Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

"Kita sudah minta Pemkot setempat untuk mencopot iklan itu. Anggota kita di Polres Jaksel melaporkan provider sebuah perusahaan telekomunikasi yang iklannya itu ada gambar-gambar Palu Arit," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Awi Setiono di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (3/10).

Lebih jauh Awi menegaskan akan tetap meminta keterangan kepada pengelola jasa iklan tersebut, sehingga bisa diketahui apakah ada unsur kesengajaan atau tidak.

"Tentunya kita akan melakukan pemeriksaan, ada unsur kesengajaan atau tidak. Kita lihat di bannernya itu ada gambar-gambar revolusi termasuk ada bendera Uni Soviet, palu sama arit," paparnya.

poster serial the americans

Selain itu, kepolisian juga meminta keterangan pemerintah setempat dan selalu memantau baner iklan agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

"Kita langsung monitor, kita juga sudah koordinasi dengan Wali Kota Jakarta Selatan dan melakukan penurunan iklan tersebut. Berharap ini tidak terulang kembali. Nanti kami update untuk perkembangannya," pungkasnya.

Dari penelusuran merdeka.com, iklan tersebut merupakan potongan poster dari tayangan berseri buatan Amerika Serikat berjudul The Americans. Serial itu berseting awal tahun 1980-an, yang menceritakan dua mata-mata dari KGB yang menyamar sebagai pasangan yang sudah menikah.

Tayangan ini sudah memasuki musim keempat, dan disiarkan pertama kali pada 30 Januari 2013 lalu. Serial ini diperankan oleh Keri Russell dan Matthew Rhys, sekaligus pemeran utama. Gambar yang membuat polisi bergerak tersebut merupakan poster musim ketiga dari serial ini.

Pihak Indosat Ooredoo juga menegaskan iklan itu tak bermaksud menampilkan simbol komunis atau PKI. Hanya poster film belaka. Demikian disampaikan oleh Acting Group Head Corporate Communications, Thomas Purnawan Suhardja.

"Kerja sama dengan Iflix merupakan bagian dari upaya Indosat Ooredoo menghadirkan konten-

konten global yang berkualitas, salah satunya serial TV 'The Americans'. Terkait poster serial TV tersebut, kami meminta maaf jika mungkin terjadi salah paham di masyarakat.

Kami telah merespons hal ini dengan cepat dan langsung berkoordinasi dengan pihak terkait serta mengganti semua materi promosi tersebut.

Indosat Ooredoo sepenuhnya tidak memiliki maksud apapun dengan simbol-simbol yang ada dalam materi promosi tersebut. Perlu kami sampaikan bahwa sebagai perusahaan publik, kami

selalu berupaya untuk mentaati segala peraturan perundangan yang berlaku di Indonesia serta menerapkan prinsip-prinsip good corporate governance dalam melayani pelanggan danmasyarakat di Indonesia." (mdk/tyo)

Baca juga:

Kalender China bergambar palu arit gegerkan warga Singkawang

Pakai kaos bergambar palu arit, Rizki ditangkap prajurit TNI

Jelang lebaran, kalender berlogo palu-arit beredar di Singkawang

2 Pengusaha konveksi kaos berlambang PKI di Sukabumi ditangkap

Pakai kaus palu arit, buruh bangunan di Tangsel ditangkap

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami