Polisi Tetapkan Empat Orang Tersangka Robohnya Gedung SDN 01 Pasar Baru

PERISTIWA | 20 Mei 2019 22:05 Reporter : Ronald

Merdeka.com - Polsek Sawah Besar, Jakarta Pusat akhirnya menetapkan empat orang tersangka dalam kasus robohnya Gedung SDN 01 Pasar Baru, yang terletak di Jalan Kelinci Raya, RT 06 RW 04, Pasar Baru, Sawah Besar. Keempat tersangka yakni AK, AM, SI, dan FS.

"Kami tetapkan tersangka baik operator yang menggunakan alat berat, kemudian mandor, terus kenek maupun pemborongnya. Kami lakukan penahanan," kata Kapolsek Sawah Besar Kompol Mirzal Maulana di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (20/5).

Menurut Mirzal, pelaku terbukti lalai dalam melakukan tugasnya. Alhasil, satu orang pemilik warteg berusia 59 tahun, Lestari Ningsih, meninggal dunia.

"Mereka tak melakukan komunikasi, konfirmasi dan koordinasi terlebih dahulu. Mereka melakukan pengerjaan tanpa ada surat perintah kerja. Dan tanpa ada konfirmasi dengan masyarakat sekitar," jelasnya.

Atas peristiwa itu, mereka diancam Pasal 359 dan Pasal 360 KUHP, dengan kurungan penjara lima tahun.

Sebelumnya, pembongkaran Gedung SDN 01 Pasar Baru, yang terletak di Jalan Kelinci Raya RT 06/04, Pasar Baru, Sawah Besar Jakarta Pusat menimbulkan korban jiwa. Sebab, tembok yang dibongkar runtuh menimpa Warteg yang letaknya persis di sebelah sekolah.

Kapolsek Sawah Besar Kompol Mirzal Maulana mengatakan, tembok sekolah hendak dibongkar karena sedang ada perbaikan. Namun rupanya, tembok tersebut runtuh dan menimpa warteg milik Lestari Ningsih sekitar Pukul 10.45 WIB, Minggu (19/5).

"Tembok warteg nempel sama tembok sekolahnya. Korban ada 3. Meninggal satu, pemilik warteg 59 tahun, Lestari Ningsih warga pasar baru. Dua luka, laki-laki dan perempuan. Sudah di RS Husada," jelas Mirzal kepada wartawan.

Baca juga:
Pembongkaran SD 01 Pasar Baru Timpa Warteg, Satu Orang Meninggal
Pabrik Kembang Api Meledak di Kolombia, 4 Orang Tewas.
BPBD Tetapkan Tanggap Darurat Bencana Pergerakan Tanah di Lebak
Rumah Ambruk di Johar Baru Tewaskan Tiga Orang
10 Ruang Belajar di SMPN 22 Pontianak Ambruk
Rumah Ambruk di Johar Baru, 3 Orang Tewas

(mdk/fik)