Polisi Tunggu Pergub DKI Terkait Sanksi Selama PSBB

Polisi Tunggu Pergub DKI Terkait Sanksi Selama PSBB
PERISTIWA | 9 April 2020 13:21 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada Jumat (10/4) besok. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 atau corona yang kini melanda Indonesia.

Dalam aturan tersebut, salah satunya adanya sejumlah pembatasan dalam kendaraan umum dan juga kendaraan pribadi. Untuk kendaraan umum dan pribadi, hanya diperbolehkan dinaiki oleh setengah atau 50 persen dari kapasitas kendaraan tersebut.

Lalu, untuk kendaraan roda dua tidak diperbolehkan untuk berboncengan selama PSBB diberlakukan. Terlebih, untuk Ojek Online (Ojol) yang hanya diperbolehkan untuk mengangkut barang atau makanan saja.

Dengan adanya kebijakan tersebut, polisi belum mengetahui sanksi apa yang akan mereka berikan terhadap para pelanggar jika tak mematuhi PSBB soal pembatasan penumpang kendaraan.

"Kita tunggu di Pasal gubernur ada sanksinya," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo saat dihubungi, Jakarta, Kamis (9/4).

Ia pun menegaskan, pihaknya masih menunggu keputusan dari Pemprov DKI Jakarta soal sanksi, Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Pasal apa yang akan digunakannya nanti.

"Jakarta di Pergub itu ada sanksinya, saya belum tahu. Ya kita tunggu saja dulu, Pergub belum keluar kok. (Pasal) Belum tahu, kan ketentuan mana yang boleh, mana yang tidak boleh, pembatasan penumpangnya seperti apa kita belum tahu," sambungnya.

Dia meminta pun meminta awak medik untuk menanyakan hal tersebut ke Pemprov DKI Jakarta. Kemungkinan sore ini akan terbit Pergub-nya.

"Sore ini mungkin," tutupnya. (mdk/eko)

Baca juga:
Satu Hari Jelang PSBB DKI, Polisi Sebut Volume Kendaraan Menurun
PSBB Dimulai Besok, Pemprov DKI Pastikan Stok Pangan Warga Jakarta Aman
Ini 10 Kendaraan yang Diperbolehkan Beroperasi di DKI Selama PSBB
Jakarta PSBB, Penjaringan Jadi Kelurahan Pertama Terima Distribusi Bantuan
Selama PSBB, Transjakarta Lakukan Perubahan Pola Operasional

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami