Polisi Ungkap Ada 15 Transaksi Antara Mucikari ES dan Vanessa Angel Selama 1 tahun

PERISTIWA | 11 Januari 2019 00:08 Reporter : Erwin Yohanes

Merdeka.com - Polisi membongkar data digital dalam kasus prostitusi online yang melibatkan artis cantik Vanessa Angel di laboratorium forensik Polda Jatim. Petugas mendapat fakta baru termasuk jatah fee yang diperoleh dua muncikari dari setiap transaksi prostitusi artis tersebut.

Direktur Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Timur, Kombes Akhmad Yusep Gunawan mengatakan, komunikasi aktif antara muncikari dengan artis yang terlibat prostitusi online termasuk soal pembagian jatah fee.

Hal ini diperkuat juga dengan berita acara keterangan yang disampaikan oleh muncikari ES. Dari dana yang ditransfer oleh pihak user (pria penyewa jasa prostitusi), setelah data diuraikan penyidik, didapati bahwa satu sama lainnya mendapatkan pembagian berdasarkan presentasi maupun kesepakatan.

"Setelah tarif disepakati, jatah pokoknya akan diberikan pada VA (Vanessa Angel). Ini terbukti dari bukti rekening yang dikirimkan ditambah dengan screenshoot mobile banking," ungkapnya, Kamis (10/1).

Dia menambahkan, dari rata-rata data yang berhasil diurai penyidik, muncikari mendapatkan bagian fee sebesar 15 persen. Sedangkan 30 persen dari tarif pokok, merupakan DP (down payment) yang diberikan oleh user sejak awal.

Sebelumnya, dari data digital ponsel muncikari ES, polisi memperoleh rekapan transaksi keuangan antara ES dengan artis Vanessa Angel (VA) sebanyak 15 kali.

Dari jejak digital tersebut, transaksi antara Vanessa dan ES terjadi dalam periode selama satu tahun terakhir, yakni dari 1 Januari 2018 hingga 5 Januari 2019. Vanessa diciduk 5 Januari lalu di sebuah di hotel.

Sebelumnya, Subdit Siber Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Timur menggerebek sebuah hotel di Surabaya. Dalam penggerebekan tersebut, polisi menemukan dua artis dan dua manajemen dari artis tersebut dalam dua kamar yang berbeda.

Polisi melakukan penyelidikan kasus ini selama sebulan lamanya. Artis ibu kota itu berinisial VA dan AF. Satu artis pernah menjadi model majalah dewasa popular, dan satunya artis FTV.

Namun, dalam perkembangan penyidikan, polisi mendapati data 5 dari 45 artis lainnya yang diduga kuat masuk dalam jaringan prostitusi. Untuk artis dalam naungan muncikari TN antara lain berinisial AC, TP, dan BS. Serta untuk artis ML, serta RF diketahui merupakan asuhan muncikari ES.

Dalam kasus ini, polisi sudah menetapkan dua orang muncikari sebagai tersangka.

Baca juga:
Alasan Adik Sakit, Vanessa Angel Tak Hadir Wajib Lapor ke Polisi
Nilai 15 Kali Transaksi Keuangan Vanessa Angel dengan Muncikari ES Jumlahnya Variatif
Selama Setahun, Vanessa Angel 15 Kali Lakukan Transaksi dengan Mucikari ES
Polisi Sebut Lima Inisial Artis Terlibat Jaringan Prostitusi Online
Cabut Surat Kuasa, Pengacara Tak Dampingi Vanessa Angel di Kasus Prostitusi Online
Ada Fakta-Fakta Mengejutkan Setelah Kasus Vanessa Angel Terungkap

(mdk/ded)