Polisi ungkap penembakan Lapas Pekanbaru diduga upaya penyelundupan narkoba

Polisi ungkap penembakan Lapas Pekanbaru diduga upaya penyelundupan narkoba
Ilustrasi Garis Polisi. ©2015 merdeka.com/afif
PERISTIWA | 9 Juli 2018 14:46 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal menyampaikan, ada dugaan pelaku penembakan Lapas Klas IIA Gobah, Pekanbaru, Riau pada Minggu 8 Juli 2018 dini hari. Penembakan itu berkaitan dengan upaya penyelundupan narkoba.

"Ya dugaannya begitu lah (terkait narkoba)," turur Iqbal di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (9/7/2018).

Meski begitu, Iqbal menyatakan pihaknya memiliki gambaran pelaku penembakan tersebut. Kini polisi masih dalam upaya pengejaran terhadap pelaku.

"Tapi situasi kondisi aman. Lapas sudah berbenah dan masyarakat tidak perlu risau terutama di Kota Pekanbaru. Suasana aman," kata Iqbal.

Kepala Polsek Bukit Raya Pekanbaru Kompol Pribadi turut menduga insiden penembakan tersebut berhubungan dengan penangkapan pelaku penyelundupan sabu ke lapas tersebut pada Sabtu 7 Juli 2018 malam.

"Dugaan sementara belum bisa dipastikan. Namun, tadi malam ada penemuan sabu di lapas, kemudian diserahkan ke Polsek (Bukit Raya) untuk penangannya," ucap Pribadi, Minggu 8 Juli 2018.

Sabu tersebut berusaha diselundupkan oleh seorang laki-laki ke dalam lapas. Dua paket kecil sabu tersebut disembunyikan oleh koki lapas di dalam roti.

Pribadi menjelaskan bahwa pelaku berinisial F tersebut masih menjalani pemeriksaan intensif oleh kepolisian.

"Kemarin juga ada pemindahan napi dari Rengat. Napi narkoba dipindah ke sini. Apakah ada hubungannya? Masih didalami," beber Pribadi.

Total terdapat lima kali tembakan yang dilakukan oleh orang tak dikenal ke Lapas Pekanbaru. Tembakan itu menyasar ke pintu bagian pelayanan. Akibat tembakan tersebut, sejumlah kaca di gedung lapas rusak dan tembus ke dalam gedung.

Polisi menemukan sejumlah barang bukti. Di antaranya, dua selongsong peluru, satu proyektil, dan setengah proyektil dalam keadaan pecah.

Insiden penembakan tersebut terjadi dua kali. Pertama, terjadi pada pukul 03.30 WIB, kedua pada pukul 04.00 WIB atau berselang setengah jam kemudian. (mdk/ded)

Baca juga:
Lapas Pekanbaru diberondong tembakan, polisi ketahui senjata dipakai pelaku
Lapas Pekanbaru diberondong tembakan, pelaku kartel narkoba?
Lapas Pekanbaru diberondong tembakan, pelaku masih diburu
Polisi periksa 5 saksi dan CCTV terkait kasus pengemudi jazz di Sleman
Tak ada CCTV di TKP, polisi kesulitan ungkap kasus penembakan mobil karyawan JICT

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami