Politikus senior PNI, Abdul Majid meninggal dunia

Politikus senior PNI, Abdul Majid meninggal dunia
kuburan. 2012 Merdeka.com
NEWS | 2 Juli 2012 10:22 Reporter : Ramadhian Fadillah

Merdeka.com - Tokoh Partai Nasional Indonesia (PNI) Abdul Madjid meninggal dunia. Abdul Majid dikenal sebagai singa podium. Bahkan Presiden Soekarno mengakui Majid sangat lihai berpidato.

Abdul Majid meninggal di Jakarta, Minggu (1/7), sekitar pukul 21.00 WIB. Politikus senior ini berpulang pada usia 94 tahun akibat penyakit yang dideritanya.

"Sejak dua bulan terakhir, Bapak mengalami sakit komplikasi. Awalnya penyempitan di kaki dan beliau tidak mau makan. Lalu pendarahan ditambah ada penyakit gula yang juga dideritanya," ujar salah seorang anak Abdul Madjid, Setia Dharma Madjid, di Jakarta, Senin, (2/7).

Abdul Majid mengawali karir politiknya di Partai Nasional Indonesia (PNI) pada Pemilihan Umum 1955. Dia pernah menjabat sebagai Ketua PNI, Sekjen PNI dan kemudian menjadi salah seorang penandatanganan deklarasi fusi PNI, Partai Kristen Indonesia, Partai Katolik, dan Murba menjadi PDI, pada 1973.

Ayah dari seniman teater Ratna Riantiarno dikenal kritis terhadap pemerintahan Soeharto maupun kalangan internal partai.

Abdul Majid meninggalkan delapan putra-putri, 27 cucu dan tiga cicit. Rencananya, jenazah akan dimakamkan di pemakaman Wredatama Tonjong Bogor usai Salat Zuhur. (mdk/ian)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami