Polres Klaten Antisipasi Penjarahan dan Pencurian Jika Gunung Merapi Erupsi

Polres Klaten Antisipasi Penjarahan dan Pencurian Jika Gunung Merapi Erupsi
PERISTIWA » MALANG | 18 November 2020 15:56 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Jajaran Satreskrim Polres Klaten mengantisipasi adanya tindak kejahatan berupa penjarahan dan pencurian jika erupsi Gunung Merapi benar-benar terjadi. Mereka telah memetakan daerah-daerah mana saja yang dianggap rawan tindak kejahatan saat bencana datang.

Terutama di 3 desa yang masuk KRB (kawasan rawan bencana) III, atau hanya berjarak sekitar 3 kilometer dari puncak Merapi. Ketiga desa tersebut adalah Desa Balerante, Sidorejo dan Tegalmulyo di Kecamatan Kemalang.

“Satreskrim sendiri sudah memetakan daerah daerah yang rawan kejahatan nanti apabila terjadi musibah itu. Adanya penjarahan rumah yang ditinggalkan pengungsi, hewan ternak. Dari sekarang kita sudah mapping profilling Kira kira nanti mana pemukiman atau ternak yang ditinggalkan, ujar kasat Reskrim Polres Klaten, AKP Andriansyah Rithas Hasibuan, Rabu (18/11).

Kendati sudah memetakan daerah rawan untuk diamankan, pihaknya masih harus berkoordinasi dengan pihak terkait, apakah diperbolehkan melakukan pengamanan di lokasi bencana atau tidak.

Andriansyah Menegaskan, pelaku tindak kejahatan di lokasi bencana akan dihukum lebih berat. Ini dijerat dengan pasal 363 KUHP.

“Pengalaman (erupsi Merapi) tahun 2010, setelah kejadian erupsi warga banyak yang mengungsi. Dan barang-barang yang ditinggalkan, hewan ternak banyak yang dijarah.Jadi dari sekarang sudah kita antisipasi,” tandasnya.

Untuk pencegahannya, dikatakannya, dari awal sudah dilakukan imbauan dari Satbinmas dan Polsek Kemalang serta Babinkamtibmas. Pihaknya hanya melakukan mapping saja. Terkait bantuan saat terjadi erupsi, pihaknya menunggu komando dari Kabagops. (mdk/ray)

Baca juga:
Gunung Merapi Mengalami 91 Gempa Guguran dan 230 Gempa Hybrid
Diprediksi Bakal Erupsi dalam Waktu Dekat, Jumlah Pengungsi Merapi Justru Berkurang
Antisipasi Penularan Covid-19, Puluhan Pengungsi Merapi di Klaten Jalani Uji Swab
Meski Merapi Berstatus Siaga, Pengungsi Masih Cari Pakan Ternak
BPPTKG Catat Suara Guguran Gunung Merapi Terdengar Enam Kali

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami