Polres Malang Kota Naik Status Jadi Polresta, Dipimpin Polisi Berpangkat Kombes

PERISTIWA » MALANG | 28 November 2019 13:52 Reporter : Darmadi Sasongko

Merdeka.com - Polres (Polisi Resor) Malang Kota mengalami kenaikan status dengan berubah nomenklatur menjadi Polresta (Polisi Resor Kota) Malang Kota. Karena kenaikan tipe tersebut, Polresta Malang Kota dipimpin seorang personel Kombes (Komisaris Besar).

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan, personel, perangkat dan anggaran akan mengalami perubahan seiring perubahan tersebut. Perangkat tersebut akan disiapkan secara perlahan-lahan dalam rentang waktu ke depan.

"Perubahan pekerjaan, kinerjanya, tantangannya juga berubah. Saya yakin dengan pelan-pelan dari kami penambahan personel, peralatan juga berdampak ke sana untuk menunjang tugas-tugas Polresta Malang Kota," kata Luki Hermawan usai pengukuhan Polres Malang Kota menjadi Polresta Malang Kota, Kamis (28/11).

Kata Luki, banyak faktor yang mendukung kenaikan tipe tersebut, salah satunya situasi Kota Malang yang terus berkembang sebagai kota pendidikan, pariwisata dengan perputaran ekonomi yang cukup besar. Kondisi tersebut yang menuntut pelayanan masyarakat yang lebih besar.

"Sehingga perubahan tipe ini membawa dampak dan tanggung jawab berat bagi personel Polresta Malang Kota. Harus bekerja semakin baik, karena ini tuntutan dari masyarakat Kota Malang," katanya.

Secara kewilayahan pun Polresta Malang Kota akan mengalami perubahan, kendati hingga sekarang masih dilakukan pembenahan. Sejumlah Polsek akan dimungkinkan akan bergabung dengan Polresta Malang Kota.

"Yang jelas wilayah masih dalam proses, tidak menutup kemungkinan wilayah Polsek yang dekat dengan Kota Malang kita akan ambil seperti Singosari, Lawang, nanti akan dibicarakan lebih lanjut. Sedang digodong di SDM, begitupun anggaran dan kekuatan yang dibutuhkan," jelasnya.

Perlu diketahui 14 Polres di Indonesia mengalami kenaikan tipe dan dua berada di Jawa Timur yakni Polres Malang Kota dan Polres Banyuwangi. Akibatnya sejumlah posisi mengalami pergantian personel guna menyesuaikan kenaikan tipe tersebut.

Pengukuhan kenaikan tipe juga diikuti dengan pelantikan AKBP Leonardus Harapantua Simamarta Permata sebagai Kapolresta Malang Kota. Simamarta sendiri akan menerima kenaikan pangkat sebagai Komisaris Besar (Kombes) pada Desember 2019 mendatang.

Simamarta yang sebelumnya menjabat Wakapolrestabes Surabaya menggantikan AKBP Dony Alexander. Selanjutnya Dony yang baru sekitar tiga bulan menjabat, kini sebagai Kapolres Pasuruan Kota. (mdk/cob)

Baca juga:
Polisi Usut Temuan Baru Korporasi Terduga Pembakar Hutan dan Lahan di Kalbar
Dishub DKI Bolehkan Skuter Listrik di Jalur Sepeda, Kecuali Grabwheels
Unggahan Anggotanya Tuai Protes, Kapolres Binjai Minta Maaf
3.314 Pelaku Kejahatan Terjaring Operasi Sikat Jaya 2019
Jalanan di Jakarta Kotor, Polisi Ini Sampai Nyapu Sendiri
Kakorlantas Cek Kesiapan Kendaraan dan Pasukan Jelang Natal dan Tahun Baru

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.