Polri belum minta PPATK telusuri aliran dana The Family MCA

PERISTIWA | 7 Maret 2018 17:18 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Kepala PPATK Kiagus Ahmad Badaruddin mengaku belum mendapatkan permintaan dari kepolisian untuk menelusuri aliran dana kelompok penyebar hoaks The Family MCA. Dia mengatakan Kapolri belum memberikan secara formil.

"Bahwa secara pastinya belum, tetapi barangkali di tingkat bawah sudah ada koordinasi," katanya di Kemenkopolhukam, Jakarta Pusat, Rabu (7/3).

Meski begitu, dia belum mengetahui apakah di tingkat penyidik sudah melakukan kerjasama. Kiagus menduga bawahannya sudah melakukan penelusuran. "Mungkin di tingkat bawah, Polri dan penyidik, analis itu bisa saja kita sudah saling tukar informasi. Tapi sejauh ini formilnya belum," ucapnya.

Kiagus menyebut pihaknya bisa menelusuri aliran keuangan yang mencurigakan. Seperti kasus Saracen lalu, pihaknya juga diikutsertakan. Namun pihaknya tak serta merta langsung menelusuri tanpa ada permintaan.

Tapi tak menutup kemungkinan bawahannya sudah memiliki data. Kiagus enggan mengungkap apakah data itu sudah mereka miliki.

"Tapi kalau kami sudah punya sendiri, kami enggak perlu nunggu permintaan kami kirimkan juga. Kita tidak terikat pada birokrasi lah," tutupnya.

Baca juga:
Kelompok MCA dianggap bikin elektabilitas Jokowi turun
Polri pastikan proses pidana siapapun penyebar berita hoaks
Dalam sebulan, Tim Patroli Siber Polri deteksi 300 akun sebar berita hoaks
Kedok Muslim Cyber Army beraroma politik?
Ini kata JK soal MCA Family ingin buat opini pemerintah gagal kelola negara
PKS kritisi polisi tak memproses pelaporan pada pembully partai oposisi

(mdk/fik)