Polri dan Polisi Saudi lanjutkan MoU saat kunjungan Raja Salman

PERISTIWA | 18 April 2017 13:36 Reporter : Juven Martua Sitompul

Merdeka.com - Kapolri Jenderal Tito Karnavian melakukan pertemuan dengan Kepala Kepolisian Kerajaan Arab Saudi Lieutenant General Othman bin Nasser Al-Mehrej di Gedung Rupatama Mabes Polri. Tujuan pertemuan untuk menindaklanjuti nota kesepahaman atau MoU antara Indonesia dengan Arab Saudi.

"Kita menindak lanjuti MoU yang sudah ditanda tangani di Istana Bogor di depan yang mulia King Salman dan Presiden Joko Widodo," kata Tito di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Selasa (17/4).

Dikatakan Tito, dalam MoU itu ada beberapa hal yang telah disepakati antara kedua belah pihak. Di antaranya, terkait kerja sama pendidikan kepolisian Indonesia dengan kepolisian Arab Saudi.

"Tadi di antaranya kita sepakati mengenai masalah pendidikan, karena ada juga yang kita menawarkan pendidikan sespim," ujar dia.

Selain itu, Tito mengatakan dalam pertemuan pihaknya menawarkan kemungkinan perwira Polri mengikuti pendidikan di Arab Saudi. Mengingat, cukup banyak warga Indonesia berada di Arab Saudi.

Mantan Kapolda Metro Jaya ini melanjutkan dalam nota kesepahaman itu juga tercantum kesepakatan kerja sama pengembangan di bidang operasional semisal pertukaran informasi terkait masalah terorisme, kejahatan manusia, dan narkotika.

"Sekaligus juga perlindungan bagi kedua warga negara. Baik warga negara Indonesia yang berada di Arab Saudi maupun warga Arab Saudi yang ada di Indonesia," ucap Tito.

Usai mengunjungi Mabes Polri, Tito menuturkan bila Othman bin Nasser akan melanjutkan kunjungannya ke beberapa tempat. Di antaranya, ke Gedung Bareskrim Polri, Markas Brimob dan terakhir ke Sespim Pol Lembang.

Tito berharap dengan kunjungan Othman dan rombongan ke Mabes Polri, hubungan Kepolisian Indonesia dengan Kepolisian Arab Saudi semakin baik ke depannya.

"Saya sangat optimis mewakili polri hubungan antara Polri dan Kepolisian Arab Saudi akan semakin lebih baik ke depan menghadapi tantangan tantangan bersama," pungkas Tito.

(mdk/eko)