Polri Gelar Operasi Ketupat Mulai 24 April Hingga 31 Mei 2020

Polri Gelar Operasi Ketupat Mulai 24 April Hingga 31 Mei 2020
PERISTIWA | 23 April 2020 16:59 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Polri menetapkan Operasi Ketupat 2020 dilaksanakan mulai 24 April hingga 31 Mei 2020. Tujuan utama giat tersebut adalah melarang masyarakat mudik lebaran di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19.

"Kegiatan Operasi Ketupat itu operasi kemanusiaan selama 37 hari yang akan dimulai tanggal 24 April sampai dengan tanggal 31 Mei 2020," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Raden Prabowo Argo Yuwono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (23/4).

Menurutnya, Operasi Ketupat 2020 dilakukan di oleh 34 Polda seluruh Indonesia. Kegiatan di dalamnya mencakup penyekatan larangan mudik.

"Yang pertama melarang masyarakat untuk mudik guna mencegah penyebaran Covid-19, dan yang kedua terjamin rasa aman masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa dan kemudian terhindar dari wabah covid-19, yang ketiga adalah terwujudnya situasi kamtibmas yang kondusif saat dan sesudah lebaran," jelasnya.

Argo menyebut, Polri telah menentukan sejumlah titik pos jaga lewat perhitungan data dan evaluasi. Akan ada petugas yang ditempatkan di 58 titik seluruh Indonesia yakni Banten 6 titik, DKI Jakarta 18 titik, Jawa Barat 17 titik, Jawa Tengah 5 titik, Yogyakarta 3 titik, dan Jawa Timur ada 9 titik.

"Cara bertindak yang kita lakukan pada saat kita penyekatan larangan mudik itu yang pertama adalah kita sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak mudik. Artinya tidak mudik sampai menjadi penyebar virus corona di kampungnya," ungkapnya.

Kemudian, lanjut Argo, secara teknis akan ada pos pelayanan terpadu bersinergi dengan TNI dan instansi terkait. Petugas lapangan pun menggunakan pendekatan humanis saat meminta pengendara nekat mudik untuk berputar arah.

"Sedangkan untuk logistik, kemudian ada bahan pokok, ada BBM, ya kemudian ada alkes, ekspedisi, itu diperbolehkan untuk melewati jalan. Tidak ada penutupan jalan tol dan jalan arteri," tutupnya.

Reporter: Nanda Perdana Putra
Sumber: Liputan6.com (mdk/fik)

Baca juga:
Wakil Ketua MPR Sebut Ramadan Jadi Momentum Tingkatkan Solidaritas Lawan Covid-19
3 Amalan Nabi Muhammad di Bulan Ramadan
Sambut Ramadan, Grab Luncurkan Sederet Fitur Baru
Ini Pidato Nabi Muhammad Jelang Puasa Ramadan, Ada Pesan Mendalam
Ini Tahapan Sidang Isbat Awal Ramadan yang Digelar Secara Virtual
Pesan Lucu 'Si Mbah Putri' Larang Anak Mudik di Tengah Wabah Corona
4 Tips Olahraga Saat Bulan Ramadan, Bantu Jaga Tubuh Tetap Sehat dan Bugar

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami