Polri Limpahkan Barang Bukti Kasus Ferdy Sambo Cs ke Kejari Jaksel, Tersangka Besok

Polri Limpahkan Barang Bukti Kasus Ferdy Sambo Cs ke Kejari Jaksel, Tersangka Besok
Brimob Bawa Koper Barang Bukti dari Rumah Ferdy Sambo ke Bareskrim. Antara
NEWS | 4 Oktober 2022 11:11 Reporter : Bachtiarudin Alam

Merdeka.com - Polri hari ini melimpahkan tahap II khusus untuk barang bukti (barbuk) dalam perkara dugaan pembunuhan berencana dan obstruction of justice atau menghalangi penyidikan kasus pembunuhan Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J. Barbuk hari ini akan dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Selatan.

"Hari ini rencana barang bukti dulu sesuai kesepakatan (Kejaksaan). Di Kejari Jaksel," kata Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Pol Agus Andrianto saat dikonfirmasi, Selasa (4/10).

Menurut Agus, penyidik Polri dan Jaksa Penuntut Umum (JPU) berkoordinasi sebelum melakukan pelimpahan barang bukti tersebut. Sementara untuk pelimpahan tersangka ke Kejari Jakarta Selatan dilakukan pada Rabu (5/10) besok.

"Besok tersangkanya," kata Agus.

2 dari 3 halaman

Pelimpahan Barang Bukti dan Tersangka Kesepatan Polisi dan Jaksa

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo sebelumnya mengatakan, Tim Khusus Polri bersama dengan Kejaksaan Agung (Kejagung) telah sepakat untuk menunda pelimpahan tahap II tersangka Ferdy Sambo Cs menjadi Rabu (5/10) lusa.

"Penundaan ini dari komunikasi dua pihak. Dari penyidik Jaksa Penuntut Umum (JPU) sepakat untuk penyerahan tahap duanya dilaksanakan Rabu 5 Oktober," ujar Dedi saat dihubungi wartawan Senin (3/10).

Dedi menjelaskan bahwa Tim Khusus Polri saat ini masih berkomunikasi dengan Kejari Jaksel mengenai teknis pelimpahan tahap II kasus Ferdy Sambo Cs. Apakah akan diserahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Selatan atau nantinya ada perubahan.

"Tempatnya masih menunggu, tapi tetap andai kata diserahkan ke Kejari Jaksel, akan tetap diproses. Dari kita kan pidananya sebagian besar kan di Bareskrim," ujar dia.

"Daripada bolak balik, ya terserah nanti kalau diserahkan tahap duanya di Kejari Jaksel, balik lagi penahanannya di Rutan Bareskrim," tambah ia.

Adapun untuk saat ini para tersangka kasus dugaan pembunuhan berencana dan obstruction of justice (OOJ) masih berada di rutan yang ditempatkan Polri. Untuk kemudian baru akan menjadi tanggung jawab Kejaksaan setelah Tahap II rampung.

"Sementara untuk Rutannya kan di Bareskrim. Apabila jaksa maunya di sana (Kejari) ya kita pertimbangan lebih lanjut. Kalau sudah tahap kedua, kewenangan nya sudah full di kejaksaan," tambahnya.

3 dari 3 halaman

Update Perkara

Sebelumnya, Kapolri Listyo Sigit memastikan pelimpahan berkas tahap II berikut barang bukti ke JPU akan ditampilkan ke publik. Menurutnya, hal itu mengikuti prosedur yang berlaku.

"Tentunya penyerahan tersangka dan barang bukti dari kepolisian diantar ke Kejaksaan," kata Kapolri Listyo Sigit Prabowo di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Sabtu (1/10).

Sepanjang proses pelimpahan berkas kasus pembunuhan Brigadir J, sejauh ini kepolisian telah menetapkan lima orang sebagai tersangka. Mereka adalah Irjen Ferdy Sambo, Bharada E, Bripka RR, dan asisten rumah tangga Kuwat Maruf, serta istri Sambo Putri Candrawathi dalam kasus pembunuhan berencana.

Para tersangka dijerat dengan Pasal 340 subsidair Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 KUHP juncto Pasal 56 KUHP. Empat tersangka sudah ditahan, sementara Putri masih menunggu pemeriksaan selanjutnya.

Selain itu, polisi juga telah menetapkan tujuh orang tersangka terkait obstruction of justice dalam kasus ini. Mereka adalah Irjen Ferdy Sambo, Brigjen Hendra Kurniawan, Kombes Agus Nurpatria, AKBP Arif Rahman, Kompol Baiquni Wibowo, Kompol Chuck Putranto, dan AKP Irfan Widyanto.

Mereka diduga melanggar Pasal 49 juncto Pasal 33 dan/atau Pasal 48 ayat (1) juncto Pasal 32 ayat (1) UU ITE Nomor 19 Tahun 2016 dan/atau Pasal 221 ayat (1) ke 2 dan 233 KUHP juncto Pasal 55 KUHP dan/atau Pasal 56 KUHP.

Reporter: Nanda Perdana Putra

(mdk/gil)

Baca juga:
DPR: Penahanan Putri Candrawathi Kurangi Suara Minor Publik soal Diskriminasi
AKP Rifaizal Samual Hari Ini Jalani Sidang Etik Terkait Kasus Pembunuhan Brigadir J
Alasan Polri Tunda Pelimpahan Tahap II Ferdy Sambo Cs hingga Rabu 5 Oktober
Besok, Ferdy Sambo Cs Diserahkan ke Kejaksaan
Kejagung Koordinasi dengan Polri untuk Keamanan JPU Tuntaskan Kasus Ferdy Sambo
Batal Hari Ini, Polri Limpahkan Tahap II Ferdy Sambo Cs Rabu Besok
Hakim dan Jaksa Disiapkan Safe House, Ferdy Sambo Masih Berbahaya?

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini