Polri minta warga DKI hindari perselisihan antar pendukung calon

PERISTIWA | 17 April 2017 13:42 Reporter : Juven Martua Sitompul

Merdeka.com - Dua hari jelang pencoblosan Pilgub DKI Jakarta, Polri mengajak seluruh elemen masyarakat kembali bersatu membangun dan menyukseskan demokrasi Indonesia. Polri berharap masyarakat khususnya warga DKI menghindari perselisihan antarpendukung calon di masa tenang ini.

"Dalam proses kampanye kemarin banyak dinamika. Kami berharap, kembali kita melakukan penyatuan kembali. Setajam apapun perbedaan pandangan sebagai dampak pilkada, hendaknya masyarakat utamakan kepentingan lebih luas, persatuan masyarakat Indonesia," kata Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar di Komplek Mabes Polri, Jakarta, Senin (17/4).

Boy mengatakan sebaiknya masyarakat mengedepankan hak masyarakat untuk memilih dalam Pilgub nanti tanpa adanya intimidasi dari pihak manapun. Dia berharap setiap warga negara bisa tenang dan nyaman datang ke TPS untuk memenuhi haknya sebagai warga negara.

"Jadi kita berharap di hari tenang adanya konsolidasi masyarakat untuk kita merapatkan hubungan silaturahim. Setelah berjuang dalam masa kampanye. Sehingga di hari tenang kondusifitas bisa terjaga," kata dia.

Dikatakan jenderal bintang dua ini, Polri khususnya Kapolri Jenderal Tito Karnavian terus mengikuti perkembangan di lapangan jelang Pilgub DKI ini. Dia mengimbau kepada para tokoh masyarakat untuk menanggalkan atribut kampanye.

"Kepada tokoh masyarakat tinggalkan atribut kampanye. Kepolisian mengajak meninggalkan segala atribut yang berbau kampanye," ujar dia.

"Pemilu demokratis adalah yang proses pelaksanaan terbebas dr segala bentuk kekhawatiran publik, ancaman, beban psikis, harus terbebas dari hal itu. Yang ada rasa pede masyarakat untuk datang ke tempat pemungutan suara tanpa ada intimidasi," pungkas Boy. (mdk/eko)

Baca juga:

JK harap Pilgub DKI besok berjalan damai, jangan ada konflik

Besok, Wapres JK nyoblos Pilgub DKI Jakarta di TPS 03 Dharmawangsa

Kapolri jamin kunjungan Wapres AS tak ganggu pengamanan Pilgub DKI

Sekjen PDIP yakin Ahok-Djarot menang 52,4 persen

Jelang pencoblosan, Anies Baswedan akan kunjungi beberapa TPS

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.